'Kalkulator Pabean’ Our Service Now is On Your Hand

‘Kalkulator Pabean’ Our Service Now is On Your Hand
Sumber :

VIVA.co.id – Anda sering mencari dan mengutak-atik aplikasi terbaru yang ada di Google Play? Anda seringkali mencoba mencari aplikasi yang terkait dengan Bea Cukai? Jika jawaban anda adalah YA, maka anda pasti sudah tahu mengenai aplikasi Kalkulator Pabean.

Kasus Pungli, Kejati Banten Sita Rp1,1 Miliar dari Bea Cukai Soetta

‘Kalkulator Pabean’ Our Service Now is On Your Hand

Aplikasi yang diinisiasi oleh Bea Cukai ini, sudah mendapatkan feedback yang luar biasa. Dari jumlah review sebanyak 64, aplikasi ini telah mendapatkan rating sebesar 5.0 dengan jumlah install sebanyak lebih dari 1.000 perangkat dengan lebih dari 900 perang kata aktif.

Rokok Ilegal Senilai Rp6,6 Miliar Disita Bea Cukai Aceh

Aplikasi yang dibangun dengan software  Intel XDK ini, memang memiliki sejarah yang panjang hingga dirumuskan menjadi sebuah aplikasi pada Google Play.

Sejarahnya dimulai dari buruknya citra Bea Cukai mengenai perhitungan bea masuk yang dianggap tinggi. Sehingga, Bea Cukai dianggap memanipulasi perhitungan bea masuk.

CHT Sudah Naik Harga Rokok Tetap Sama, Begini Kata Bea Cukai

Berangkat dari sana, blog bertajuk http://catatankecik.blogspot.co.id/hadir untuk mengurangi ramainya demand masyarakat akan informasi mengenai bagaimana cara menghitung biaya masuk ketika mengimpor barang. Selanjutnya, hadirlah Kalkulator Bea Masuk dan PDRI pada web Kantor Bea Cukai Tanjung Emas pada link http://bctemas.beacukai.go.id/kalkulator/. Selanjutnya, ide pembaruan berdasarkan kebutuhan-kebutuhan pengguna jasa akan pengetahuan perhitungan bea masuk mulai berkembang.

Disanalah cikal bakal Kalkulator Pabean ini dikembangkan oleh Subdit Humas dan Penyuluhan pada tahun 2016. Adapun aplikasi ini dikembangkan dengan tujuan membantu para pengguna jasa kepabeanan dan cukai atau masyarakat umum dalam memperkirakan pungutan yang akan dikenakan terhadap barang impor untuk dipakai dan barang impor sementara. Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Ada 2 cara dalam meng-install apps pada Google Play ke devices android anda. Berikut penjelasannya:
1.    Install lewat Devices
Klik Google Play – Masukkan kata kunci Kalkulator Pabean pada Search Google Play (Text box pada layar paling atas) - Pilih apps Kalkulator Pabean (dengan latar logo berwarna merah) – Tekan tombol Install
2.    Install lewat PC
Pastikan account settings email pada smartphone Anda – Buka web browser (mozilla, chrome, dll) – lakukan login email tersebut pada play.google.comlewat PC – Masukkan kata kunci Kalkulator Pabean pada Search Google Play (Text box pada layar paling atas) – Pilih apps Kalkulator Pabean (dengan latar logo berwarna merah) – Tekan tombol Install
Aplikasi Kalkulator Pabean memiliki 3 menu utama dalam pengaplikasiannya. Masing-masing menu (kecuali menu ‘Tentang Aplikasi’) memiliki cara penggunaan dan perhitungan sendiri yang tarif PPh pasal 22-nya ditentukan oleh Non NPWP (15), Non API (7.5) dan API (2.5). Adapun bentuk menu-menu tersebut adalah sebagai berikut:
a)    Bea Masuk dan Pajak Impor: Terdapat penjelasan mengenai dasar perhitungan bea masuk dan PDRI, apa saja yang harus dipersiapkan untuk melakukan perhitungan dan bagaimana cara menghitung. Di dalamnya juga terdapat perhitungan berdasarkan impor umum, kiriman Pos-PJT, penumpang perorangan dan penumpang per-keluarga.
b)    Jaminan Impor Sementara: Terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghitung jaminan impor sementara. Di dalamnya terdapat pilihan fasilitas pembebasan dan keringanan.
c)    Tentang Aplikasi: Berisi mengenai definisi kalkulator pabean secara umum.
 
Setelah mendapat pengetahuan mengenai aplikasi ini, sudah saatnya kita sadar akan kewajiban sebagai importir. Untuk barang yang akan dipakai di dalam negeri, kita berkewajiban membayar bea masuk dan pajak dalam rangka impor terutang. Begitu pula dengan barang yang diimpor sementara waktu di Indonesia, yang akan dikembalikan keluar negeri. Kita berkewajiban membayar bea masuk dan menyerahkan jaminan apabila barang impor sementara itu mendapatkan fasilitas keringanan atau bahkan menyerahkan jaminan sebesar bea masuk dan pajak impor yang terutang untuk barang impor sementara yang mendapatkan fasilitas pembebasan.

Hasil perhitungan yang didapat dengan kalkulator ini hanyalah perkiraan besarnya bea masuk dan pajak impor yang harus dibayarkan atau dijaminkan. Sedangkan kewenangan penetapan bea masuk dan pajak impor sepenuhnya milik pejabat Bea Cukai sesuai perundang-undangan yang berlaku. Semoga dengan adanya aplikasi ini, Bea Cukai dapat melayani lebih dekat hingga ke tangan Anda.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya