Pilkada Serentak 2017

Kapolri Waspadai Polarisasi Jelang Pilkada

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menegaskan, apel bersama dengan TNI di lapangan silang Monas, Jakarta, hari ini, untuk menjamin kesiapan TNI dan Polri dalam pengamanan pemilihan kepala daerah, atau pilkada serentak. 

Monas Jadi Lokasi Balap Formula E, Ini Alasannya

Menurutnya, dalam pilkada akan ada proses polarisasi (pengkutuban) yang harus diwaspadai. Polarisasi dinilai wajar terjadi dalam masa menjelang pilkada. Namun, ia tak menampik bahwa polarisasi memiliki potensi konflik tersendiri.

"Polarisasi dapat menjadi potensi konflik, karena perbedaan kepentingan antara masyarakat dan pilihannya. Tentu, kami rapatkan barisan dan dengan Panglima dan Polri, seluruh jajaran untuk menjaga stabilitas keamanan," ujar Tito di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu 2 November 2016.

Tito Karnavian: Jadi Kapolri Itu Berat

Terkait rencana aksi di Jakarta, Jumat 4 November 2016, Tito menegaskan, aksi demo diizinkan selama tetap dalam koridor hukum dan aturan yang berlaku.

"Tidak boleh ganggu hak asasi masyarakat yang tak demo, tidak boleh ganggu etika. Harus jaga sistem NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," ujar Tito.

Tito Karnavian Jadi Menteri, Siapa Sosok Kapolri Berikutnya?

Ia menegaskan, Polri bersama TNI akan menindak tegas bagi para pelanggar, khususnya saat demonstrasi, terutama para provokator yang berpotensi mengganggu sistem NKRI. (asp)

Uji coba aspal untuk sirkuit balap di Monas.

Ada yang Aneh di Monumen Nasional Jakarta

Jalanan dilapisi aspal.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2020