Menag: Waspadai Pihak Ketiga pada Demo 4 November

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengingatkan warga masyarakat yang akan berdemonstrasi pada 4 November nanti agar berunjuk rasa secara tertib. Dia mewanti-wanti kemungkinan pihak ketiga yang memanfaatkan momentum itu.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

"Harus mewaspadai pihak ketiga yang berupaya membiayai demonstrasi seperti ini. Ini yang Presiden wanti-wanti betul supaya kita mewaspadai kemungkinan itu terjadi," kata Menteri di Kantor Presiden, Jakarta, pada Selasa, 1 November 2016.

Menteri menyebut bahwa unjuk rasa memang hak setiap warga negara. Namun ada ketentuan yang harus diikuti dalam melakukan unjuk rasa, di antaranya, tidak bertindak anarkistis dan menyampaikan aspirasi dengan tertib dan santun.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Mengenai demonstrasi pada 4 November 2016, Lukman menilai, sejatinya isi tuntutan agar pemerintah konsisten mengusut dugaan penistaan agama oleh calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dia memastikan pemerintah tidak diam.

Namun, Lukman kembali mengingatkan secara terbuka kemungkinan pihak-pihak dengan agenda tertentu yang menysup dalam unjuk rasa nanti.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak

"Presiden juga menekankan bahwa semua, khususnya bagi yang berunjuk rasa, selain mematuhi ketentuan, juga mewaspadai betul pihak ketiga yang ingin menggunakan kesempatan ini dengan agenda tertentu," ujarnya.

(mus)

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024