Sakit, Dahlan Iskan Ajukan Penangguhan Penahanan

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id – Pihak keluarga mantan Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, mendadak mengajukan surat penangguhan penahanan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur pada Senin sore, 31 Oktober 2016.

Pelindo Beli Tol Cibitung-Cilincing, Simak Analisis Dahlan Iskan

Kondisi kesehatan tersangka dugaan korupsi aset negara yang dikelola PT PWU itu dikabarkan memburuk.
 
Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jatim, Romy Arizyanto, menjelaskan bahwa surat permohonan tangguh penahanan Dahlan Iskan baru diterima Kejaksaan pada sore, setelah mantan Direktur Utama PT PLN itu selesai diperiksa dan dikembalikan ke Rutan Medaeng.

"Waktu diperiksa kondisi Pak Dahlan kan tidak baik, tensi darahnya naik 160 lebih, karenanya minta istirahat. Setelah sampai di rutan, kami dengar kabar Pak Dahlan drop," kata Romy dihubungi VIVA.co.id pada Senin malam.

Dahlan Iskan: Jenderal Andika Akan Jadi Bintang Baru Dalam Peta Capres

Beberapa anggota keluarga Dahlan, lanjut Romy, ditulis sebagai penjamin dalam surat permohonan tangguh penahanan yang dikirimkan. "Penjaminnya istrinya, anaknya, menantunya. Ada juga rekam medis dari dokter," ujarnya.

Hingga kini, kata Romy, Kejaksaan belum mengambil sikap atas permohonan tangguh penahanan Dahlan tersebut. "Masih diproses di Kejaksaan. Untuk menyetujui atau tidak bukan hanya dari Pak Kajati, tapi juga harus dari Jakarta (Kejaksaan Agung)," kata Romy.

Misteri Pria Plontos yang Dampingi Anak Akidi Tio Sumbang Rp2 Triliun

Sebelumnya, ketua tim penasihat hukum Dahlan, Pieter Talawaya, mengatakan masih mempertimbangkan dua langkah hukum atas kliennya. Yakni praperadilan dan penangguhan penahanan. "Masih dipertimbangkan," katanya.
 
Dahlan ditetapkan tersangka berdasarkan surat perintah penyidikan bernomor Print-1198/O.5/Fd.1/10/2016 tertanggal 27 Oktober 2016. Dia diduga melakukan pelanggaran pada penjualan aset PWU di Kediri dan Tulungagung pada tahun 2003 lalu.
 
Waktu itu, Dahlan menjabat Direktur Utama PT PWU dua periode, dari tahun 2000 sampai 2010. Sebelum Dahlan, penyidik sudah menetapkan mantan Kepala Biro Aset PWU, Wishnu Wardhana sebagai tersangka. Keduanya kini ditahan di Rutan Medaeng. (ase)

Dahlan Iskan

Dahlan Iskan Digugat 9 Mantan Karyawan Jawa Pos

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan digugat sembilan orang mantan karyawan Jawa Pos terkait perjanjian hibah saham

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2022