INDONESIA HARI INI

29-10-2005: Tragedi Poso, Tiga Siswi Ditebas Teroris

Ilustrasi makam/kuburan
Sumber :
  • southfloridadaily.com

VIVA.co.id – Tanggal 29 Oktober selalu menjadi pengingat kembali tragedi kemanusiaan yang pernah terjadi di Poso, Sulawesi Tengah. Sebelas tahun lalu, tiga siswi pada pagi tanggal tersebut tewas mengenaskan setelah leher mereka ditebas dalam perjalanan ke sekolah.

12 Jaksa Bakal Ungkap Skenario 'Licin' Yosep Subang Bunuh Istri dan Anak 

Kasus pemenggalan kepala ini diakui terdakwa dan dua rekannya di persidangan. Ketiganya kemudian dipidana dengan pasal berlapis, Undang Undang Terorisme dan KUHP. Tragedi ini menjadi salah satu catatan buruk konflik Poso yang menorehkan hujatan sekaligus simpati.

Para pelaku melalui eksepsi mengakui mereka disuruh oleh tokoh panutannya untuk membalaskan tindakan penyerangan terhadap pelajar pesantren sebelumnya.

Gelap Mata, Pencari Kepiting Bunuh Temannya Gara-gara Rebutan Wilayah

Namun pelaku kemudian menyatakan menyesal dan berharap kejahatan kemanusiaan itu tak pernah terjadi. Melalui eksepsi delapan halaman, salah satunya meminta maaf kepada keluarga korban dan berjanji tak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Alfito, Theresia dan Yarni, tiga perempuan belia yang masih duduk di bangku SMA itu, menjadi alasan agar tak ada lagi ada kejahatan terorisme yang mencederai rasa keadilan dan kemanusiaan di bumi ibu pertiwi.

Babak Baru Yosep Subang Pembunuh Tuti dan Amalia Segera Diadili

(ren)

Anwar Tarigan saat diamankan petugas kepolisian.(B.S.Putra/VIVA)

Gara-gara Chat Mesum, Pria di Medan Tusuk Selingkuhan Istri hingga Tewas

Pria bernama Anwar Tarigan menikam seorang lelaki selingkuhan istrinya berinsial JT dengan pisau hingga tewas

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024