Istri Irman Gusman Mengaku Terima 'Oleh-oleh' dari Memi

Istri Irman Gusman bersaksi pada sidang Praperadilan di PN Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Liestyana Rizal Gusman, istri mantan Ketua DPD Irman Gusman, memberikan kesaksiannya pada sidang praperadilan terkait penetapan tersangka kasus korupsi terkait kuota distribusi gula impor, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Dibilang Tak Penuhi Panggilan KPK, Ini Jawaban Dirut PTPN XII

Di dalam persidangan yang digelar di ruang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 27 Oktober 2016. Tim kuasa hukum Irman mencecar Liestyana mengenai proses Irman menerima dua tamu yaitu Direktur Utama CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto, dan istrinya, Memi, serta penangkapan terhadap suaminya, pada Sabtu, 17 Oktober 2016. 

Liestyana menjelaskan, pada pertemuan itu, Irman diberikan sebuah bingkisan, yang disebut Memi sebagai "oleh-oleh." 

Jaksa Kasus Suap Impor Gula Ikhlas Dipenjara 5 Tahun

Menurut Liestyana, dia dan suaminya tak tahu bahwa bingkisan itu berisi uang.

"Waktu pertama, dia (Memi) mengatakan memberi oleh-oleh," kata Liestyana menjawab pertanyaan Tommy.

Jaksa Kasus Suap Impor Gula Divonis Lima Tahun Penjara

Usai menerima Sutanto dan Memi, kata Liestyana, Irman bergegas ke kamar untuk beristrahat, namun karena ragu pintu masuk rumah belum dikunci, dia memeriksanya. Namun saat berada di pintu, dia melihat sejumlah orang di depan rumah. 

Belakangan dia ketahui mereka adalah petugas KPK.

Saat petugas KPK masuk ke rumahnya, Sutanto dan Memi ikut kembali masuk ke dalam rumah. Liestyana menyebut, sikap Sutanto jadi berubah, karena pada pertemuan awal, dia cenderung diam.

Namun pada kesempatan kedua, Liestyana menyebut, Sutanto berteriak-teriak. "Dia mengatakan, di mana uang Rp100 juta yang saya berikan untuk beli mobil?"

Liestyana mengaku tak kenal atau pernah bertemu dengan Sutanto dan Memi. Dia juga bilang Irman juga tak pernah bercerita mengenai mereka.

"Tidak pernah Saya tidak pernah mencampuri urusan pekerjaan bapak," ujarnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya