BMKG Imbau Daerah-daerah Ini Waspadai Hujan Lebat dan Petir

Ilustrasi/Hujan lebat dan petir
Sumber :
  • doubtfull

VIVA.co.id – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia.

Wilayah-wilayah yang Berpotensi Turun Hujan Lebat Hari Ini

Mengutip laporan yang diterbitkan BMKG, sejumlah daerah yang dalam kondisi waspada sejak 25 Oktober hingga 27 Oktober 2016, itu yakni Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku Tenggara, Papua Barat dan Papua.

"Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus Swarinoto dikutip Kamis, 27 Oktober 2016.

Waspada, Hujan Lebat dan Petir Terjadi di Sejumlah Daerah Indonesia

Tak cuma itu, BMKG juga mengingatkan agar juga mewaspadai setiap aktivitas yang berkaitan dengan gelombang laut. Sebab di sejumlah wilayah saat ini terjadi peningkatan gelombang dan cukup membahayakan dengan ketinggian antara 2,5 meter sampai 4 meter.

Sejumlah daerah itu yakni, Laut Andaman, Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Barat. "Pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat di wilayah pesisir diimbau untuk mewaspadai hal ini," kata Yunus.

BMKG: Hujan Es Berpotensi Terjadi hingga Maret dan April 2022
Hujan lebat dan banjir (ilustrasi)

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Hujan Sedang hingga Lebat Terjadi di Sebagian Kota Besar

BMKG merilis prakiraan cuaca di  Indonesia pada Jumat, 16 Desember 2022. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan mengguyur sebagian kota besar di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022