Jaksa Agung Ingatkan Pasukannya Agar Tak Tersangkut Pungli

Jaksa Agung M Prasetyo (kiri) dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengingatkan jajarannya agar menjauhi tindakan pungutan liar (pungli). Sebabnya, Kejaksaan Agung merupakan bagian dari tim sapu bersih Pungli yang telah dibentuk oleh pemerintah.

Jadi Tersangka, Eks Kepala Rutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan

"Harus mawas diri, beri ingatan jangan korupsi karena akan merugikan keluarga, martabat, serta citra Kejaksaan Agung di mata publik," kata Prasetyo, Kamis, 27 Oktober 2016.

Prasetyo mencontohkan, Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap oknum yang melakukan pungli di kantor Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menjadi pelajaran bagi institusi Kejaksaan.

KPK Minim OTT, Alex Marwata: Banyak Pejabat Negara Sudah Tahu HP Disadap

"OTT di Kementerian (Perhubungan) itu gambaran betapa mudahnya disusupi budaya koruptif yang dilakukan oknum," ujarnya.

Prasetyo tak menampik jika sebagian publik masih kurang mempercayai Kejaksaan Agung, disebabkan adanya dugaan oknum segelintir orang yang menyalahgunakan wewenangnya. Namun ia optimistis dengan pengawasan akan bisa memberikan hasil yang baik.

Cegah Pungli di Tempat Wisata Selama Musim Mudik, Pemerintah Telah Siapkan Sanksi Tegas

"Saat ini penegakan hukum belum mampu memenuhi kebutuhan berbagai persoalan jadi sepatutnya dijadikan renungan terlebih Kejaksaan memiliki tugas untuk menempatkan hukum sebagai panglima," katanya.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Eks Karutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan, KPK: Kami Tentu Siap Hadapi

Langkah eks Karutan KPK Achmad Fauzi ajukan praperadilan ke PN Jaksel untuk memastikan sah atau tidaknya status tersangka terhadapnya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024