Delapan Wilayah Aceh Rawan Potensi Konflik Pilkada

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Septianda Djambak.
Sumber :
  • Viva.co.id/Zulkarnaini Muchtar

VIVA.co.id – Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio Septianda Djambak menyebutkan, ada delapan kabupaten/kota di Aceh, yang rawan terjadi konflik Pilkada. Namun, ia tidak menyebutkan daerah mana saja yang rawan konflik.  

Pemerintah Aceh Izinkan Bank Konvensional Beroperasi Kembali

"Ada delapan titik, tetapi belum bisa kita sebutkan," katanya, usai apel operasi Mantap Praja Rencong 2017 persiapan pengamanan Pilkada di Polda Aceh, Rabu 26 Oktober 2016. 

Selain itu, Rio mengatakan, pemicu yang bisa mengakibatkan terjadinya konflik di antaranya melarikan kontak suara, politik uang, sengketa hasil, pelanggaran Pilkada, maupun pidana umum. 

Curi Ikan di Perairan Aceh, Kapal Berbendera India Ditangkap

“Kita mengindari terjadinya kecurangan-kecurangan, masalah perampasan ataupun menguasai kotak suara, money politic, ataupun kegiatan-kegiatan yang sifatnya tidak adil.” kata Kapolda Aceh.

Untuk mengatasi permasalahan itu, kata Rio, Polda Aceh akan dibantu oleh BKO dari Mabes Polri, Linmas dan TNI,  mereka siap siaga mengawal pesta demokrasi di Aceh. "Semua potensi tersebut harus dapat diantisipasi dan ditangani oleh Polri secara profesional serta akuntabel,” katanya.

Eks Kepala BPSDM Aceh Jadi Tersangka Korupsi Beasiswa

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwaslu) RI merilis bahwa Aceh termasuk tiga provinsi rawan terjadi konflik pada Pilkada serentak 2017, selain Papua dan Banten. (asp)

Ilustrasi transaksi pembayaran melalui berbagai sistem Anjungan Tunai Mandiri atau debit, uang elektronik, sampai dengan kartu kredit.

Tak Ada Bank Konvensional, Pemprov Aceh Khawatir Atlet PON Tak Bisa Tarik Uang

Dalam multievent tersebut, Aceh dan Sumut menjadi tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
19 Oktober 2023