INDONESIA HARI INI

27-10-1945: Bentrokan Perdana Pejuang dengan Tentara Inggris

Veteran perang kemerdekaan Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Tanggal 27 Oktober memang kerap menjadi tanggal yang kurang diistimewakan selama ini. Namun perlu diketahui peristiwa di tanggal tersebut sebenarnya cukup penting dalam kronologi sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ramalan Jayabaya: Satrio Wirang Simbol Ambisi Politik yang Membahayakan

Tanggal 27 Oktober tepatnya pada tahun 1945 dicatat menjadi momen pertama kalinya tentara dan milisi Indonesia terlibat kontak langsung dengan tentara Inggris yang merupakan bagian dari tentara sekutu. Tanggal 27 Oktober menjadi hari pertama rangkaian pertempuran Surabaya tersebut dimulai.

Puncaknya adalah tanggal 10 November 1945 dan menjadi Hari Pahlawan Nasional.

Jayabaya Ramal Kemunculan Satrio Wirang yang Jegal Pemimpin Gegara Kalah Bertempur

Pada 27 Oktober 1945, pesawat Inggris terbang untuk menggentarkan Indonesia dan menebarkan selebaran agar tentara dan milisi Indonesia menyerahkan senjata setelah mereka melucuti Jepang. Padahal Indonesia sudah mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Namun bangsa Indonesia tidak terima dan menilai ancaman itu adalah pelanggaran atas perjanjian yang dilakukan AWS Mallaby dengan pimpinan perjuangan kemerdekaan pada saat itu.

Menguak Rahasia di Balik Kehebatan Kopassus yang Disegani di Dunia

Kejadian itu berlangsung setelah adanya insiden di Hotel Yamato. Akibat tidak adanya kesepakatan, buntutnya terjadi pertempuran yang menewaskan banyak nyawa.

Pertempuran di Surabaya mencapai puncaknya setelah Mallaby tewas beberapa hari setelahnya.

Gencatan senjata tak lama ditandangani. Indonesia tetap pada kemerdekaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya