Menpar Arief Yahya Bicara Airlines, Airports dan Authorites

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.
Sumber :

VIVA.co.id – Menteri Pariwisata Arief Yahya mempopulerkan rumus 3A untuk Pengembangan Destinasi Pariwisata. Tiga ukuran untuk menilai kesiapan sebuah destinasi untuk dipromosikan, yakni Atraksi, Akses dan Amenitas.

Strategi Baru Industri Perhotelan untuk Menarik Wisatawan Setelah Pandemi

Di Rapim, 25 Oktober 2016, yang dilangsungkan di Lantai 16, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar itu, Mantan Dirut PT Telkom Indonesia itu membedah satu dari 3A itu, Akses atau Aksesibilitas dengan pisau indikator 3A juga.

Tiga A untuk Akses itu adalah Airlines, Airports, dan Authority. Bulan Oktober 2016 ini, Menpar Arief Yahya roadshow mendatangi kantor 3A itu. Diantaranya, Garuda Indonesia, Air Asia, dan Lions Air untuk Airlines. Lalu Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II untuk manajemen airports atau bandara. Dan terakhir bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Hasilnya? “Kami sudah sepakat dan kompak dengan Pak Menhub, untuk besama-sama membangun seats capacity, untuk 20 juta wisman di 2019, dan itu dibutuhkan 30 juta seats,” jelas Menpar Arief Yahya.

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

Bagaimana menjelaskan bahwa ini butuh kerja besar, kerja gotong royong, kerja kompak antar kementerian, antar lembaga, dan antar pemangku kepentingan? Inilah CEO Message #14 dengan judul ‘Strategi 3A, Airlines, Airports, Authorities’, yang disampaikan lengkap.

Menurutnya, program prioritas Kemenpar tahun 2017 sudah berhasil kita rumuskan setelah melalui serangkaian diskusi dan perdebatan beberapa minggu terakhir. Program prioritas tersebut mencakup tiga inisiatif utama yaitu: digitalisasi, pengembangan amenitas dengan membangun homestay secara massal, dan pembenahan aksesibilitas udara (3A: Airlines, Airports, Authorities). Karena itu dalam tiga CEO message ke depan saya akan mengupas program-program prioritas tersebut secara mendalam.
 
Harapannya, kita semua punya pemahaman dan satu pikiran yang sama mengenai PR besar yang harus kita tuntaskan di tahun depan.
 
Untuk yang pertama Menpar membahas aksesibilitas udara, karena inilah PR pertama yang harus dituntaskan. Visi mendatangkan 20 juta wisman hanya sekedar mimpi belaka jika tidak mampu menyelesaikan masalah aksesibilitas udara di tahun 2017. Kenapa? Ingat, sekitar 75 persen wisman yang datang ke Indonesia melalui udara (air connectivity). Sisanya 24 persen lewat laut terutama menggunakan ferry dan sebagian kecil menggunakan cruise dan yacht. Sementara itu hanya 1 persen wisman masuk lewat darat.
 
“Celakanya, wisman yang masuk dari pasar utama wisman sebagian besar masih melalui transit, bukan direct flight. Padahal kita tahu, mereka pasti menginginkan datang ke berbagai destinasi yang kita tawarkan secara langsung, jadi nggak ribet,”ujarnya.
 
Menpar mengatakan, sebagai contoh untuk originasi China, hanya 38 persen penumpang dari negara ini yang direct fligh ke Indonesia, sisanya lewat transit. Kita masih tertinggal jauh dari negara-negara tetangga pesaing kita. Dari China ke Malaysia misalnya, 78 persen sudah direct flight; ke Thailand 81 persen; dan Singapura 86 persen. Secara kasar posisi kita dibandingkan negara-negara tersebut 40 persen lawan 80 persen, kita hanya separo dibanding mereka.

Pemkot Denpasar Harapkan Penghargaan Tingkatkan Sektor Pariwisata dan Kebudayaan Kota

Seat Capacity Deficit 2019
Menurut Menpar kita harus melihat kemampuan seat capacity dari penerbangan internasional saat ini dan kemudian melakukan perhitungan proyeksi kebutuhan seat hingga tahun 2019. Dari perhitungan itu akan tahu berapa gap kecukupan seat dan bisa menyusun strategi efektif untuk closing the gap dan memecahkannya.
 
Berdasarkan data dari Airport Intelligence Services/IATA, tahun ini seat capacity penerbangan internasional dalma negeri mencapai 19,5 juta. Jumlah seat sebanyak itu rupanya hanya efektif untuk mendatangkan wisman sebanyak 12 juta. “Nah, kalau di tahun 2019 kita punya target mendatangkan 20 juta wisman, maka setidaknya kita harus menyediakan 30 juta seat penerbangan internasional. Artinya, selama tiga tahun ke depan kita harus menambah 10,5 juta seat lagi,”katanya.
 
Seperti diketahui target wisman tahun 2016 adalah 12 juta, dimana yang masuk melalui udara sekitar 75 persne atau 9 juta wisman. Seluruh seat penerbangan internasional sekitar 40 persennya digunakan oleh wisnus (WNI), jadi jumlahnya sekitar 6,4 juta. Kalau ditotal, maka jumlah seat yang kita perlukan adalah 9+6,4= 15,4 juta.
 
“Nah, kalau rata-rata seat load factor sebesar 80 persen dan seat capacity penerbangan internasional kita 19,5 juta, maka kita dapatkan seat yang tersedia sebesar 19,5 X 80% = 15,5 juta. Jadi tahun ini kita beruntung karena seat demand dan supply masih berimbang: seat yang diperlukan 15,4 juta dan seat yang tersedia 15,5 juta,” ujar Menpar.  (webtorial)

Ilustrasi wisatawan asing

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Selama tahun 2023, lebih dari 5 juta wisatawan asing (wisman) berkunjung ke Provinsi Bali, jumlah ini melebihi yang ditargetkan Dinas Pariwisata Bali.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024