Pangdam Iskandar Muda Jamin TNI Netral di Pilkada Aceh

Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id – Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman menegaskan prajurit TNI akan bersikap netral pada Pilkada Aceh yang dilaksanakan secara serentak pada Februari 2017 nanti. Prajurit TNI kata dia, akan berpihak pada stabilitas keamanan dan berdiri netral kepada semua calon.

Jadi Komandan Pasukan Elite, Mayor Kostrad TNI Jalan Kaki 5 Kilometer

Penegasan itu disampaikan Pangdam saat menerima kunjungan silaturahmi calon gubernur dan wakilnya, Zakaria Saman dan T Alaidinsyah serta Tarmizi A. Karim beserta ketua tim pemenangannya Sofyan Dawod di Makodam Iskandar Muda, Selasa, 25 Oktober 2016.

Kepada para calon peserta Pilgub Aceh, Pangdam meminta terus menjaga situasi kondusif di Aceh dan mewujudkan Pilkada Aceh yang aman dan damai. Tak lupa, Mayjen Tatang memberikan selamat kepada para calon gubernur dan wakil yang telah ditetapkan oleh KIP Aceh.

Aksi Nekat Prajurit TNI AD Terjun ke Laut Demi Selamatkan Nyawa Manaf

"Hilangkan keraguan, TNI akan menjamin sikap netralitasnya, TNI ingin membangun kepercayaan masyarakat yang telah diberikan selama ini," kata Mayjen Tatang dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 26 Oktober 2016.

Untuk mewujudkan Pilkada Aceh yang aman, Mayjen Tatang menyebut ada tiga hal yang harus jadi pegangan, yakni pikiran jernih, hati bersih dan akal yang sehat. Ketiga hal tersebut harus dilaksanakan oleh seluruh calon, KIP dan seluruh komponen masyarakat lainya, termasuk aparat keamanan (TNI Polri) dan pemerintah daerah.

Innalillahi, Prajurit TNI Terbaik Kodam Siliwangi Meninggal Dunia

"Karena hanya dengan syarat itulah bisa memilih pemimpin yang berkualitas," ujar mantan Kepala Pusat Penerangan TNI ini.

Pangdam mengingatkan para calon bahwa masa tiga bulan terakhir ini sangat krusial dan strategis, karena menentukan masa lima tahun ke depan. Oleh karenanya, Pangdam menghimbau masyarakat hindari sikap memprovokasi, ancaman, tekanan dan fitnah.

"Sehingga masyarakat dengan pikiran, hati dan akal sehatnya bisa memilih calon pemimpinnya yang terbaik," imbuhnya.

Pertemuan Pangdam Iskandar Muda dengan para calon gubernur dan wakil gubernur Aceh juga dihadiri sejumlah pejabat Kodam Iskandar Muda, diantaranya Asintel Kasdam IM Kolonel Inf Hendriyadi, Aster Kasdam IM Kolonel Inf Nefra Firdaus dan Kapendam Iskandar Muda Kolonel Inf Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya