Dituding Dinasti, Istri Wali Kota Batu Tunjuk Pilpres AS

Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso
Sumber :
  • Viva.co.id/Lucky Aditya

VIVA.co.id – Calon Wali kota Batu, Dewanti Rumpoko yang juga istri Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, membantah tudingan politik dinasti yang dilakukan keluarganya di Kota Batu.

Koruptor Eddy Rumpoko Dimakamkan di TMP Batu, LVRI Akui Tak Memenuhi Syarat

Ia mengatakan, di mana pun selalu dituduh politik dinasti. Namun, Dewanti lalu merujuk dirinya dengan membandingkan dengan pemilihan Presiden Amerika Serikat, di mana Hillary Clinton yang merupakan istri mantan presiden Amerika Bill Clinton juga dianggap politik dinasti.

"Di mana pun selalu dianggap dinasti, sekarang di Amerika, Hillary itu juga dinasti, walaupun sebenarnya ada jeda waktu. Kalau seseorang punya potensi, punya kualitas yang memang mempuni dan masyarakat menghendaki kenapa tidak?" kata Dewanti, Selasa 25 Oktober 2016.

Eks Wali Kota Bandung Yana Mulyana Divonis 4 Tahun Bui Terkait Korupsi Proyek CCTV

Menurutnya, jika seseorang yang menjabat sebagai istri wali kota tidak dikehendaki masyarakat dan cenderung dipaksakan, atau diperiode sebelumnya banyak kasus yang menjerat dalam kepemimpinanya, seperti kasus korupsi dan yang lainya, maka itulah yang dianggap Dewanti tidak pantas mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

"Tetapi, kalau yang dimajukan itu punya kualitas dan bisa, kenapa tidak. Ini bukan kemauan pribadi saya mau jadi calon wali kota, tetapi ini berdasarkan survei partai yang akhirnya partai menunjuk saya. Ini bukan semata-mata suami saya mengajukan saya sebagai istrinya untuk maju," ujar Dewanti.

Istri Ungkap Eddy Rumpoko Drop hingga Meninggal Usai Menyantap Bubur Ayam

Ia menegaskan, membantah tudingan politik dinasti, baginya ada berbagai hal tahapan dan proses yang ia lalui sebelum memutuskan maju sebagai calon wali kota. "Yang jelas, saya akan menunjukkan, berusaha, berbuat sekuat tenaga pikiran, bagaimana membuktikan ke masyarakat bahwa Dewanti bukan karena istri Eddy Rumpoko, tetapi karena memang dia bisa," papar Dewanti.

Sedangkan soal strategi pemenangan dirinya, Dewanti mengungkapkan, akan mendekatan diri kepada masyarakat Kota Batu dengan cara bertatap muka langsung.

Dewanti menjelaskan, bertemu langsung dengan konsituen sangat berarti, sebab dirinya akan mengetahui kondisi nyata kehidupan masyarakat di desa yang ada di Kota Batu.

"Sangat penting bagi arah kebijakan nanti, bagaimana nanti hubungan pemimpin dan masyarakat itu ada dan bersinergi. Itu konsep saya sendiri, soal konsep tim kampanye saya akan mengikuti," kata Dewanti.

Dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko berpasangan dengan Punjul Santoso dengan diusung PDIP dan didukung Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PKS. Sedangkan pasangannya, Punjul Santoso, merupakan Wakil Wali Kota Batu yang masih menjabat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya