Menpan Janjikan Birokrasi Bebas Pungli dengan Basis IT

Hindari Pungli, Bea Cukai Telah Gunakan Sistem Layanan Elektronik
Sumber :

VIVA.co.id – Pengembangan pelayanan publik oleh pemerintah akan diarahkan berbasis teknologi informasi (TI). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur mengatakan, hal ini dilakukan untuk menghindari praktik-praktik pungutan liar dalam pelayanan publik.

Hattrick, KASN Tiga Kali Beri Nilai Baik Penerapan Sistem Merit Kemenag

"Jadi kapan harus melengkapi dokumen, kemudian dokumen apa yang tidak ada lagi, kemudian berapa biayanya harus dibayar langsung ke bank. Jadi tidak ada lagi sentuhan antara pengurus dengan yang memberi izin," kata Asman Abnur usai press briefing "Dua Tahun Jokowi-JK" di Kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa 25 Oktober 2016.

Ada 59 pelayanan publik yang kata dia, layak menjadi model. Di antaranya pelayanan oleh Kepolisian maupun Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). "Kemarin sudah kami rilis, ada 59 pelayanan publik yang kami jadikan model," katanya.

Bahas Budaya, Ganjar Pranowo: Masa Takut Sama Pentasnya Butet

Asman mengatakan, nantinya dengan sistem ini, maka keinginan Presiden diharapkan bisa terwujud yaitu agar proses investasi bisa lebih cepat dan tanpa aturan yang rumit. "Sehingga target kami, pelayanan publik ini bersih dari pungutan-pungutan sehingga investasi bisa lancar masuk," ujarnya menambahkan.

Asman menjelaskan, nantinya setiap pelayanan publik harus membuat skema seperti bagaimana prosedur perizinan, dokumen yang harus dilengkapi dan lamanya waktu izin keluar.

MenPAN-RB ke Ary Ginanjar: Terimakasih Dorong Birokrasi Kita Berakhlak

Ia mengatakan, beberapa BPN sudah menerapkan itu sehingga tidak ada lagi yang datang mengurus izin dengan membawa berkas. Cukup dengan prosedur online. "Target kami tahun depan ini sudah melaksanakan pelayanan publik yang berbasiskan IT," kata Menpan.

Dari 59 pelayanan publik yang jadi model layanan ini, akan diikuti oleh pelayanan publik di daerah-daerah. Dengan sistem IT, Asman yakin tidak akan lagi pegawai yang memperlambat proses di birokrasi. "Jadi apa pun alasannya, enggak adalah memperlambat-memperlambat itu," kata Politikus PAN itu.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya