Masuk Rumah Sakit, Sutan Bhatoegana Diduga Sakit Liver

Sutan Bhatoegana.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Mantan Ketua Komisi VII DPR RI, Sutan Bhatoegana dikabarkan tengah menjalani perawatan di rumah sakit lantaran kondisi kesehatannya yang tiba-tiba menurun. Terpidana kasus suap itu disebut mengalami sakit liver.

Mardani Maming Tak Diborgol Saat di Bandara Banjarmasin, Ini Kata Kalapas Sukamiskin

Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Barat Kementerian Hukum dan HAM, Agus Toyib membenarkan mengenai kabar  itu. Agus mengatakan, jika dia telah mendapat laporan kondisi Sutan tersebut sejak dua minggu silam.

"(Laporan) Terakhir gejala sakit liver, apakah ada sakit lain, gula itu saya belum dilaporkan," kata Agus saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa 25 Oktober 2016.

Kalapas Sukamiskin: Mardani Maming Hadiri Sidang PK di PN Banjarmasin, Kini Sudah Kembali ke Sel

Menurut Agus, dia pertama mendapat laporan kondisi terkait Sutan itu dari Kepala Lapas Sukamiskin. Dia menyebut, ketika itu Kalapas melaporkan kondisi Sutan menurun hingga perlu dirujuk oleh dokter Lapas ke rumah sakit.

"Waktu itu pas mau dibawa ke RS, Kalapas telepon saya pak SB ngedrop seperti gejala liver, kelelahan minta izin dibawa ke RS didampingi dokter," ujar dia.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Agus mengaku dia belum mengetahui perkembangan kondisi Sutan saat ini. Agus menyebut belum ada laporan lebih lanjut dari Kepala Lapas Sukamiskin kepadanya.

Sutan diketahui merupakan terpidana kasus suap pembahasan APBN-P tahun 2013 untuk Kementerian ESDMN serta penerimaan gratifikasi. Dia terbukti menerima uang sebesar USD140,000 dari Waryono Karno dan USD200,000 dari Rudi Rubiandini. Tidak hanya itu, dia juga terbukti menerima tanah dan bangunan dari Komisaris PT SAM Mitra Mandiri, Saleh Abdul Malik.

Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi menjatuhkan pidana sebesar 10 Tahun penjara kepada Sutan. Namun hukuman itu diperberat MA menjadi 12 tahun.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya