Panglima TNI: Laporkan Kalau Ada Anggota yang Pungli

Gatot Nurmantyo saat masih jadi Panglima TNI bersama Presiden Joko Widodo beberapa waktu silam.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, meminta masyarakat untuk berpartisipasi aktif melaporkan anggotanya yang terlibat praktik pungutan liar atau pungli.

Dewas Jatuhi Sanksi Berat untuk Tiga 'Bos' Pungli Rutan KPK, Sekaligus Minta Maaf Secara Terbuka

Menurut Gatot, pemberantasan pungli di seluruh lini adalah perintah yang sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Nilai uang Rp5 ribu atau Rp10 ribu  bagi kita kelihatannya kecil, tetapi bagi masyarakat sangat terasa. Saya ingatkan bagi anggota TNI tidak ada satu pun yg terlibat dengan Pungli, apabila ada yang terlibat segera lapor kepada aparat satuan terdekat," kata Gatot dalam siaran persnya, Selasa, 25 Oktober 2016.

KPK Periksa 19 Napi Korupsi soal Kasus Pungli Rutan, Usut Penggunaan Ponsel untuk Pesan Makan

Ini sesuai Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo. Disebutkan bahwa satgas bertugas memberantas praktik pungli secara efektif dan efisien.

Ada empat fungsi dari tim satgas ini yakni, intelejen, pencegahan, penindakan serta yustitisi. Karena itu, Satgas Saber Pungli mempunyai wewenang melakukan operasi tangkap tangan.

Eks Penyidik Robin Pattuju Diperiksa soal Kasus Pungli di Rutan KPK

“Prajurit TNI agar bantu pemberantasan Pungli, lakukan langkah-langkah konkrit, apa yang disampaikan Presiden sebagai Panglima Tertinggi tentang Pungli itu adalah perintah,” kata Gatot.

(ren)

Viral Trotoar Berbayar di Pejompongan Raya, Jakarta Pusat

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan

Viral di media sosial sekelompok pemuda melakukan pungutan liar (pungli) kepada para pemotor agar dapat melintasi trotoar di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024