Zulkifli Kritik Nilai-nilai Musyawarah yang Melemah

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menyoroti mulai lunturnya nilai-nilai Pancasila di kehidupan masyarakat. Padahal, menurutnya, Pancasila merupakan nilai-nilai dasar kebangsaan. 

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

Zulkifli menyampaikan hal tersebut dalam acara Sosialisasi Empat Pilar yang diselenggarakan Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). 

"Nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an kita mulai sedikit kita tinggalkan. Musyawarah mufakat sekarang ini melemah," ujar Zulkifli dalam keterangannya, Sabtu 22 Oktober 2016.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

Zulkifli prihatin bila nilai-nilai tersebut makin melemah dan ada pembiaran, maka dia mengatakan mungkin saja Pancasila akan benar-benar memudar pada generasi penerus. Bahkan bisa lebih dari itu, nilai Pancasila bisa punah sama sekali.

Untuk itu, agar Pancasila benar-benar tetap membumi, Zulkifli mengajak Perti dan seluruh pihak untuk kembali menghidupkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sebab sosialisasi nilai-nilai konsensus berbangsa dan bernegara bukan hanya menjadi tugas MPR, tetapi semua pihak.

PAN Diminta Usung Tokoh Islam Jadi Capres 2024

"Kalau kita kembali ke nilai-nilai luhur kita, aman bangsa dan negara ini. Mari kita sama-sama menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila. Tugas sosialisasi nilai-nilai kebangsaan bukan lagi tugas MPR semata, tapi seluruh masyarakat," kata dia. 

Zulkifli Hasan

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diisukan bakal melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022