Begini Mekanisme Kerja Tim Satgas OPP Kemenhub

Ilustrasi
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id – Tim Satgas Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) Kementerian Perhubungan telah resmi berjalan sejak 14 Oktober lalu. Dalam rapat internal yang telah dilakukan, Tim Satgas OPP yang diketuai oleh Sekjen Kementerian Perhubungan, Sugihardjo, juga telah membentuk beberapa mekanisme kerja.

KPK Eksekusi Sanksi Etik Eks Karutan Achmad Fauzi soal Kasus Pungli

Sugihardjo membagi mekanisme kerja satgas yang dipimpinnya menjadi tiga poin. Poin tersebut terdiri dari mekanisme penerimaan laporan, mekanisme kunjungan/sidak dan mekanisme under cover.

"Mekanisme penerimaan laporan pengaduan berupa informasi kepada publik untuk melaporkan, baik melalui website atau saluran lainnya termasuk saluran pengaduan yang dimiliki ICW dan YLKI yang juga dilibatkan. Yang kedua adalah mekanisme dengan kunjungan lapangan atau sidak, secara terbuka, karena tujuannya untuk perbaikan sistem, dan terakhir adalah mekanisme pengamatan under cover atau tertutup," kata Sugihardjo di Kementerian Perhubungan

Dua 'Bos' Pungli Rutan KPK Minta Maaf Usai Dijatuhi Sanksi Etik Dewas KPK

Menurutnya, hasil dari satgas akan dilihat dari jumlah laporan/pengaduan serta jumlah kasus pungli. Jika pengaduan dan temuan banyak, maka kinerja tim satgas dapat dikatakan baik.

Tindak lanjut tim dalam setiap temuan dan laporan akan dilaporkan kepada Menteri. Selain itu juga akan dirapatkan terkait tindakan yang akan diambil. "Adapun pada rekomendasi tersebut beda-beda, bisa sanksi administratif /demosi oleh Menhub, atau bisa dilimpahkan ke ranah hukum," ujarnya.

Eks Karutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan, KPK: Kami Tentu Siap Hadapi
Operasi penindakan praktik pungli parkir di Terminal Depok

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Empat orang diamankan diduga melakukan praktik pungutan liar (pungli) di Terminal Terpadu Depok Baru. Keempat orang itu diamankan oleh Tim Saber Pungli pada Jumat, 19 Apr

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024