SBY Bertanya Soal Pembangunan

VIVAnews - Dalam pidato kenegaraan di hadapan rapat paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyampaikan beberapa pertanyaan. Sejumlah pertanyaan itu terkait pembangunan nasional yang sudah dan akan dilaksanakan.

"Berbicara tentang pembangunan, sering muncul pertanyaan, untuk siapakah pembangunan dilakukan? Apakah pembangunan untuk manusia, atau manusia untuk pembangunan? Apakah pembangunan hanya untuk sekelompok tertentu saja?," kata Presiden SBY.

Pertanyaan-pertanyaan itu tercantum dalam salinan pidato Presiden SBY yang akan disampaikan di hadapan rapat paripurna DPD, di Gedung DPD, Jakarta, Rabu, 19 Agustus 2009.

Untuk menjawab pertanyaan itu, maka Presiden SBY memberikan judul khusus pada pidato terakhirnya kali ini. "Pembangunan untuk Semua" (Development for All).

"Negara tidak membeda-bedakan, setiap warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan. Karena itu, negara harus memastikan agar tidak ada kelompok-kelompok masyarakat yang tertinggal dalam proses pembangunan," ujar SBY.

Menurut SBY, paradigma "Pembangunan untuk Semua", dalam konteks Indonesia hanya dapat dilakukan dengan menerapkan enam strategi dasar pembangunan. Yang pertama, strategi pembangunan yang inklusif, yang menjamin pemerataan dan keadilan, yang mampu menghormati dan menjaga keberagaman rakyat Indonesia.

"Pembangunan untuk mencapai cita-cita kemerdekaan Indonesia tidak boleh diartikan secara sempit, dengan sekedar mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi, apalagi bila hanya dilakukan dan dinikmati oleh sekelompok kecil pelaku ekonomi, atau oleh sedikit daerah tertentu saja," kata SBY.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

ismoko.widjaya@vivanews.com

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024