TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Alasan Megawati Hadiri Peluncuran KRI Bima Suci

Megawati hadir atas undangan pemilik galangan kapal.
Alasan Megawati Hadiri Peluncuran KRI Bima Suci
Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri menghadiri peluncuran KRI Bimasuci. (Miranti Hirschmann)

VIVA.co.id – Pada acara peluncuran kapal layar latih milik TNI Angkatan Laut RI, NB705 yang dinamakan KRI Bima Suci di galangan kapal Freire Vigo, Spanyol, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri turut hadir menyaksikan peluncuran itu.

Kapal layar latih TNI buatan Spanyol ini rencananya akan melanjutkan tugas KRI Dewaruci yang telah memasuki usia 64 tahun.

Pada momen bersejarah ini, Megawati menorehkan pesan di Libro de Oro, buku emas milik galangan kapal Freire yang berisi beragam pesan sejak perusahaan itu didirikan 1890.

"Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia. Semoga kerja sama ini dapat terus dilanjutkan untuk ke depan. Kapal KRI Bima Suci ini adalah salah satu bentuk persahabatan antara Indonesia dan Kerajaan Spanyol," begitu pesan Megawati di buku itu, Senin, 17 Oktober 2016.

Dalam pembuatan sebuah kapal di seluruh dunia, peluncuran kapal dari galangan dan mengapungkannya ke air merupakan seremonial sakral.

Kapal layar latih itu diresmikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Sebagai Godmother, Nora Ryacudu, menggunting pita dan melepaskan botol sampanye tubuh kapal tersebut sebagai simbol peluncuran kapal.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut RI, Laksamana TNI Ade Supandi  dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Laksda TNI Leonardi.

Semua yang hadir terlihat sabar menyaksikan kapal didorong perlahan-lahan ke air, hingga mengapung di perairan teluk Vigo. Prosesi ini diakhiri dengan pesta kembang api.

General Manager galangan kapal Freie, Marcos Freire, kepada VIVA.co.id mengatakan, kehadiran Megawati adalah sebuah kehormatan bagi perusahaan yang dipimpinnya secara turun temurun dipimpin keluarganya.

"Ini adalah hal yang sangat langka dan penting bagi kami,“ ucap Freie.

Pada acara ini, Yuli Mumpuni, Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, mengatakan Presiden Megawati hadir di acara itu berdasarkan undangan dari pemilik galangan kapal Freire. 

"Mereka mengetahui bahwa ada hubungan emosional antara Presiden Soekarno dengan KRI Dewaruci," ucapnya.

Hal ini karena pembangunan KRI Dewaruci dilakukan atas perintah Presiden Soekarno, yang pada 1952 dibangun galangan kapal Jerman, HC Stuelcken und Sohn, di Hamburg. Dewaruci diluncurkan pada 24 Januari 1953, dan berlayar ke Indonesia Juli 1953.

Presiden Soekarno pula yang meresmikan KRI Dewaruci sebagai kapal latih bagi taruna Angkatan Laut Republik Indonesia pada tahun 1953.

Sementara saat menjabat sebagai Presiden RI pada 2003, Megawati, melepaskan Dewaruci dalam pelayaran jarak jauh ke tujuh negara, tepat di ulang tahun emas kapal itu.

Sebelumnya Dewaruci tercatat cenderung mengadakan pelayaran jarak dekat, ke kawasan negara di Asia dan Australia.

"Kehadiran Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri di Vigo ini merupakan hal penting bagi Spanyol," ujarnya.

Setelah menghadiri acara peluncuran tersebut, Megawati dan rombongan melanjutkan perjalanan dari Bandara Vigo ke Barcelona dengan pesawat khusus.

Yuli menjelaskan, Megawati dan rombongan akan transit di Barcelona sebelum melanjutkan perjalanan ke Aljazair. Di sana, Megawati direncanakan bertemu sejumlah pejabat tinggi negara tersebut. Tampak dalam rombongan ini adalah Anggota DPR dari Fraksi PDIP Herman Hery. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP