TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

MenPAN RB: Mayoritas PNS Hanya Mampu Jadi Tukang Ketik

64 persen kemampuannya hanya juru ketik.
MenPAN RB: Mayoritas PNS Hanya Mampu Jadi Tukang Ketik
Menpan-RB Asman Abnur (VIVA/Raudhatul Zannah)

VIVA.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur menyebut, bahwa mayoritas Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau 64 persen Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia hanya punya kemampuan rendah.

Menurutnya, kemampuan yang dikuasai para ASN itu hanya sebagai juru ketik atau hanya mumpuni di bidang administrasi. Jumlah itu tak termasuk tenaga kesehatan dan guru.

"Ada tantangan yang sangat berat ke depan, yakni, komposisi ASN. Dari 4,7 juta, hal yang saya kagetkan, 64 persen kemampuannya hanya juru ketik," ungkap Asman di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara 7, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Oktober 2016.

Dengan fakta tersebut, Asman pun mengaku khawatir jika Indonesia tidak akan bisa maju. Sebab, negara dirugikan, karena aparatnya tidak produktif. "Bagaimana negara bisa maju. Kita punya ASN didominasi kemampuannya administrasi. Ini merugikan negara, tidak produktif," ujarnya menambahkan.

Padahal kata dia, jika para ASN itu diberdayakan imbasnya pasti akan sangat efektif. Sehingga, penambahan pegawai ASN tidak diperlukan lagi setiap tahunnya. "Jadi kalau mumpuni itu tidak perlu tambah pegawai. Memang, sekarang masih moratorium, belum berani tambah formasi." 

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP