TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Tertangkap Pungli, PNS Langsung Dipecat

"Tindakan itu tanpa menunggu pengadilan," kata Menpan RB.
Tertangkap Pungli, PNS Langsung Dipecat
Menpan-RB Asman Abnur (VIVA/Raudhatul Zannah)

VIVA.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi, Asman Abnur, menegaskan akan menindak aparatur sipil negara atau pegawai negeri sipil (PNS) yang melakukan pungutan liar.

"Presiden sudah menginstruksikan kepada saya, kalau ada PNS yang melakukan pungli langsung pecat," kata Asman Abnur di kantirnya, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Oktober 2016.

Meskipun begitu, Asman masih melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta Lembaga Adminitrasi Negara (LAN) mengenai aturan dan mekanismenya.

Tentunya hal itu akan mempermudah proses sanksi bagi PNS yang telah melakukan pungutan liar tersebut. "Langkah apa yang bisa mempercepat tindakan itu tanpa menunggu pengadilan, karena barang buktinya sudah jelas dan tertangkap tangan begitu," katanya.

Asman juga telah mengirimkan surat edaran pemberantasan pungli ke seluruh Kementerian, Instansi Pemerintah, Lembaga Negara. Nantinya, dari Kementerian PANRB akan menghimpun semua laporan pungli dari instansi pemerintahan tersebut.

"Saya akan mengawasinya sendiri. Saya akan minta jumlah laporan perminggu berapa," tutur Asman. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP