Ini Penyebab Ambrolnya Jembatan Kuning di Bali

Jembatan Kuning yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung, Bali, ambrol pada pukul 18.45 Wita, Minggu, 17 Oktober 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Jembatan Kuning yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung, Bali, ambrol pada pukul 18.45 Wita, Minggu, 17 Oktober 2016. Sembilan meninggal dan puluhan orang luka-luka dalam insiden itu.

Banjir Besar di Kerinci, Jembatan Temiai Amblas hingga Makan Korban Jiwa

Penyebab ambrolnya jembatan 2 x 100 meter dan beralas kayu itu karena kelebihan beban. Saat peristiwa terjadi, masyarakat tengah membludak di jembatan yang oleh warga setempat disebut jembatan cinta itu.

Koordinator Kelompok Masyarakat Penanggulangan Bencana (KMPB) Nusa Ceningan, Made Sumiartha, menduga kelebihan muatan itu sebagai pemicu ambrolnya jembatan. Dugaan lain dikarenakan usia dan fondasi jembatan yang sudah tua serta tidak kuat menahan beban berat. 

Jembatan Gantung Ambruk saat Lomba 17-an, Puluhan Warga Berjatuhan ke Sungai

"Saat peristiwa terjadi jembatan tengah dilalui banyak orang dan kendaraan, terutama masyarakat yang akan melaksanakan persembahyangan di Pura Bakung Nusa Ceningan," kata Sumiartha pada Minggu malam.

Karena situasi di lokasi sudah gelap dan tak ada laporan keluarga yang kehilangan saudara mereka, pencarian korban dihentikan sementara. Pencarian dilanjutkan hari ini untuk menyisir apakah masih ada korban dari peristiwa yang bertepatan dengan perayaan Nyepi Segara itu.

35 Turis Nyemplung ke Laut Akibat Jembatan Nusa Penida Ambruk, Begini Kronologinya
Jembatan Baltimore Amerika Serikat  Ambruk

Ditabrak Kapal Kargo, Jembatan Baltimore Amerika Serikat  Ambruk

Sebuah insiden tragis terjadi di kota Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, saat sebuah jembatan utama runtuh pada dini hari Selasa, 26 Maret 2024 setelah ditabrak kapal.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024