TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Menhub Minta KNKT Cari Sebab Terbakarnya Kapal Bintang Fajar

Pemerintah akan evaluasi agar kejadian tersebut tidak terulang.
Menhub Minta KNKT Cari Sebab Terbakarnya Kapal Bintang Fajar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (VIVA.co.id/Agus Rahmat)

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku sudah meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mencari penyebab terbakarnya kapal cepat Bintang Fajar di Maluku Utara, Sabtu, 15 Oktober 2016, yang disebut menewaskan empat dari 41 orang penumpang.

"Satu sisi kami sudah menugaskan KNKT untuk melakukan penelitian apa yang terjadi di sana, dan mengevaluasi, tentunya akan juga menjadi masukan perbaikan dan juga memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang lalai dalam melakukan tugas," ucapnya di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, 16 Oktober 2016.

Ia mengakui sampai saat ini masih mengalami kendala dalam membenahi transportasi di Indonesia. Namun, ia menegaskan kalau pihaknya terus melakukan pembenahan dan pembaruan, serta melakukan pengawasan dalam sistem moda transportasi. 

"Kita tahu memang daerah kita luas, pengawasan-pengawasan belum bisa lakukan secara maksimal," tambahnya.

Terakhir, Budi meminta agar Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan laut Kementerian Perhubungan tingkatkan  keselamatan dan keamanan angkutan laut penumpang. Hal itu guna mencegah terulangnya musibah serupa seperti yang terjadi pada Kapal Cepat Bintang Fajar.

"Saya atas nama  pribadi dan atas nama Kementerian Perhubungan prihatin dan memohon maaf atas kejadian yang kurang bisa melayani masyarakat," katanya.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP