Pemerintah Klaim Terus Cari Dokumen Kasus Munir

Suciwati (berjaket biru), istri dari almarhum Munir Said Thalib, aktivis HAM yang dibunuh pada 12 tahun lalu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) memastikan pihaknya terus mencari berkas-berkas hasil temuan Tim Pencari Fakta (TPF) terkait kasus kematian aktivis HAM, Munir Said Thalib. Meskipun untuk mencari dokumen yang telah berganti kabinet itu membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Jadi Duta Keterbukaan Informasi, Mahfud MD Singgung Kasus Munir

"Saya kira nanti Jaksa Agung yang menelusurinya," kata Menkumham, Yasonna Hamonangan Laoly, saat ditanya media di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu, 15 Oktober 2016. 

Selain Kejagung, pihaknya akan berkoordinasi dengan kementerian lainnya sehingga menyelaraskan semua instansi di bawahnya dalam mencari dokumen itu.  "Nanti kami berkoordinasi dengan Kemenkopolhukam," ujarnya.

Istri Munir Akan Desak Kabareskrim Usut Pembunuhan Suaminya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Jaksa Agung Muhammad Prasetyo untuk menelusuri dokumen hasil investigasi TPF kematian Munir Said Thalib.

Munir diduga dibunuh dalam penerbangan dari Jakarta menuju Belanda, pada September 2004. Namun, hasil investigasi resmi dari TPF atas kematian penggiat HAM itu sampai kini belum dibuka ke publik.

Desmon: Jokowi Ikar Janji Selesaikan Kasus Pembunuhan Munir

Sementara Kementerian Sekretaris Negara menyatakan tidak mempunyai dokumen hasil investigasi TPF terkait kasus kematian Munir. 

Ilustrasi peringatan terbunuhnya Munir

Rachland Nashidik: Omong Kosong Laporan TPF Munir Hilang

Rachland bilang laporan TPF Munir ada di Istana. Kata dia, SBY sudah serahkan dokumen ke penegak hukum.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2021