TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Ratusan Imigran Timur Tengah Kena Razia di Puncak

Jika tidak ada dokumen akan dikembalikan ke negaranya.
Ratusan Imigran Timur Tengah Kena Razia di Puncak
Pengungsi Afghanistan dan Irak di Jawa Timur (ANTARA/Bhakti Pundhowo)

VIVA.co.id – Ratusan imigran dari Irak dan Afghanistan terjaring razia yang digelar petugas Imigrasi Bogor. Razia dilakukan dengan makin maraknya imigran dari sejumlah negara di Timur Tengah ke wilayah Puncak, Bogor. 

Kepala Kantor Imigrasi Bogor, Herman Lukman, mengatakan, pihaknya melakukan pendataan terhadap imigran dari negara Timur Tengah ini dalam rangka Hari Bhakti Kementerian tentang operasi penegak hukum. 

"Operasi ini sasarannya para pencari suaka dan pengungsi di negara Indonesia terutama di kawasan Puncak, Bogor," kata dia kepada VIVA.co.id saat ditemui di lokasi pengungsian atau suaka di daerah Puncak, Sabtu 15 Oktober 2016.

Ia mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh di Imigrasi Bogor pada 2015, jumlah imigran yang tinggal di kawasan Puncak, sebanyak 1.559 dari negara Afganistan dan Irak. "Saat ini kami belum mengetahui berapa jumlahnya, berapa hari kemudian akan ketahuan jumlah imigran yang tinggal di puncak," tuturnya. 

Selain itu, pendataan ini sekaligus sosialisasi tentang pemberian buku panduan, setiap imigran yang sudah didata akan diberi buku panduan yang isinya tentang identitas imigran tersebut. 

“Jika pendataan ini ditemukan imigran yang tidak dilengkapi dokumen, kami tetap akan memprosesnya," kata Herman. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP