TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Kloter Terakhir Jemaah Haji RI Diberangkatkan ke Tanah Air

Diberangkatkan dari Bandara Madinah Sabtu dini hari 15 Oktober 2016.
Kloter Terakhir Jemaah Haji RI Diberangkatkan ke Tanah Air
Pelepasan jemaah haji Indonesia kloter terakhir dari Madinah. (VIVA.co.id/Arinto)

VIVA.co.id – Kloter terakhir jemaah haji Indonesia gelombang kedua diberangkatkan ke Tanah Air dari Bandara Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah, Sabtu 15 Oktober 2016. Sebelumnya, rombongan jemaah haji sudah dilepas keberangkatannya dari hotel tempat menginap ke bandara Madinah.

Jika sesuai jadwal, pesawat lepas sekitar pukul 02.30 waktu Arab Saudi atau 06.30 WIB. Rombongan kloter terakhir itu merupakan gabungan Kloter LOP 11 asal Lombok Nusa Tenggara Timur dan Kloter SOC 74 asal Kebumen, Semarang, Demak, Salatiga, Kendal, Sragen, Magelang, dan Boyolali.

Total jumlah jemaah yang diberangkatkan sebanyak 346 orang termasuk petugas kloter. Penerbangan menggunakan maskapai Garuda Indonesia GA 8208. Pesawat diperkirakan mendarat di Bandara Adi Sumarmo, Solo pada pukul 18.55 WIB.

Kepala Daerah Kerja Airport Jeddah-Madinah, Nurul Badruttamam Makkiy, mengatakan, dengan keberangkatan kloter terakhir tersebut, total jumlah jemaah haji reguler yang sudah dipulangkan ke Tanah Air sebanyak 387 kloter. Jumlah jemaah haji 154.078 orang dengan petugas kloter 1.915 orang.

"Jumlah total sebanyak 155.993 orang," kata Nurul dalam keterangannya.

Sementara itu, jumlah jemaah haji khusus yang tergabung dalam penyelenggaraan ibadah haji khusus (PIHK) tercatat 13.338 dari 134 PIHK.

Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat tercatat 342 orang. Sebanyak 318 orang merupakan jemaah haji reguler, sedangkan 24 orang tergabung dalam PIHK. Untuk jemaah haji yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi, mencapai 34 orang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP