Mensos Serahkan Ribuan Kartu PKH ke Pengungsi Sinabung

Aktivitas pengungsi Sinabung
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Kementerian Sosial (Kemensos) menyerahkan kartu Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 8.500 orang pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

"Ada tambahan 700 ribu penerima baru. Dari 700 ribu penerima baru, di Kabupaten Karo mendapatkan porsi 8.500," kata Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat, 14 Oktober 2016.

Secara nasional, Khofifah mengatakan, penerima PKH akan ditambah sebanyak 2,5 juta orang. Penambahan itu akan direalisasikan pada November 2016. 

Erupsi Gunung Sinabung, Hujan Abu Vulkanik Terasa Hingga Binjai

"Nah, Kabupaten Karo akan ada tambahan 1.200 untuk November yang akan datang. Sehingga total akhir tahun ini, penerima PKH di Kabupaten Karo menjadi 9.780," ujar Khofifah.

PKH ini, kata Khofifah, bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan kemiskinan. Terutama, kemiskinan di lokasi bencana alam seperti di Sinabung. Dengan PKH ini diharapkan bisa membantu pendidikan dan asupan gizi dari anak-anak pengungsian gunung Sinabung tersebut.

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik hingga ke Medan

"Kami berharap, ini akan menjadi bagian dari penguatan masyarakat di Karo. Terutama untuk mendorong anak-anak mereka tetap sekolah ketika mereka saat ini sudah harus beradaptasi dengan gunung Sinabung," ujarnya. (ase)
 

Mensos Risma melihat langsung masyarakat yang berdampak letusan Gunung Sinabung

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Mensos memotivasi masyarakat agar mereka berinisiatif meningkatkan pendapatan. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyerah kepada nasib.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021