TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Jemaah Haji Kloter Terakhir Tinggalkan Hotel Menuju Bandara

Jemaah akan diterbangkan ke Tanah Air, Sabtu pukul 02.30 waktu Saudi.
Jemaah Haji Kloter Terakhir Tinggalkan Hotel Menuju Bandara
Pelepasan jemaah haji Indonesia kloter terakhir dari Madinah. (VIVA.co.id/Arinto)

VIVA.co.id – Jemaah haji Indonesia kloter terakhir diberangkatkan ke Tanah Air dari hotel tempat menginap ke Bandara Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah, Jumat malam 14 Oktober 2016. Jemaah yang diberangkatkan berasal dari Kloter SOC 74 Embarkasi Solo dan Kloter LOP 11 Embarkasi Lombok.

Rombongan jemaah haji di antaranya dilepas oleh Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam, dan Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2016, Ahmad Dumyathi Bashori serta Ketua Muassasah Adila, Ja'far Hateem Bali.

Delapan bus meninggalkan hotel sekitar pukul 21.30 waktu Arab Saudi menuju bandara Madinah. Pesawat Garuda Indonesia yang akan menerbangkan jemaah dijadwalkan lepas landas Sabtu 15 Oktober 2016 pukul 02.30 waktu Arab Saudi.

Agus Maftuh dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Indonesia mengucapkan selamat atas penyelenggaraan ibadah haji yang memasuki masa paripurna. Dari awal hingga akhir, pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar.

"Doa kami semoga jemaah menjadi haji yang mabrur," kata Agus.

Sementara itu, Nur Syam mengapresiasi jemaah haji Indonesia karena telah menjadi teladan selama di Tanah Suci. Jemaah haji merupakan duta bangsa yang terkenal dengan sopan santunnya, sehingga dapat menjadi contoh jemaah dari negara lain.

"Sekali lagi selamat, semoga jadi haji mabrur dan selalu menjadi contoh keteladanan," tutur Nur Syam.

Selain itu, Nur Syam memberikan apresiasinya kepada duta besar dan jajarannya yang telah menjadi pelayan bagi jemaah haji Indonesia. Duta besar dan staf terlibat serta berpartisipasi langsung selama proses penyelenggaraan haji.

Nur Syam juga mengucapkan terima kasih kepada Muassasah Adila yang memberikan fasilitas terbaik, termasuk hotel bertaraf bintang empat dan lima. Jemaah juga merasa puas atas pelayanan yang diberikan selama di Madinah.

"Kondisi ini diharapkan dapat terus dipertahankan sehingga penyelenggaraan haji semakin baik," ujar Nur Syam.

Apresiasi tinggi juga diberikan kepada seluruh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji di Indonesia maupun Arab Saudi yang telah bekerja maksimal. Nur Syam berharap Kemenag akan terus menjadi penyelenggara ibadah haji yang mengalami perbaikan dan peningkatan setiap tahunnya.

Selanjutnya, Ja'far mengatakan, Muassasah Adila merasa terhormat dapat melayani seluruh jemaah dari berbagai negara termasuk Indonesia. Bahkan, jemaah haji Indonesia terlihat sangat mencintai kota Rasulullah SAW, Madinah.

Selamat jalan jemaah haji Indonesia, selamat sampai Tanah Air dan menjadi haji mabrur.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP