BMKG Pasang Layar Monitor Cuaca bagi Nelayan

Ilustrasi Prakiraan Cuaca.
Sumber :
  • Antara/ Adnan

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Belawan memasang display indoor atau layar monitor prakiraan cuaca di kantor Pelayanan Terpadu di Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudra, Belawan, Sumatera Utara, Jumat, 14 Oktober 2016.

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

Pemasangan layar prakiraan cuaca ini sebagai upaya mengantisipasi kecelakaan di tengah laut bagi para nelayan yang hendak melaut.

Layar monitor berukuran 55 inci itu menampilkan informasi terkini terkait cuaca di laut. Para nelayan dapat memantau perkembangan cuaca dalam seminggu terakhir, termasuk potensi hujan yang akan terjadi. Informasi tersebut juga dilengkapi penjelasan tertulis dan akan terus ter-update selama 24 jam.

Pagi Hari Langit Jakarta Mendung, Hujan Ringan Bakal Mengguyur

Kepala Stasiun BMKG Belawan, Abdul Azis mengatakan, pemasangan layar monitor prakiraan cuaca ini sejalan dengan program pemerintah terkait kemaritiman. BMKG memberikan informasi cuaca kepada nelayan untuk memantau tinggi gelombang, kecepatan angin, hujan dan lain sebagainya.

"Semuanya berkaitan dengan keselamatan para nelayan," kata Azis di Belawan, Sumut.

Somalia: dari Nelayan Menjadi Bajak Laut, Kisah Pilu di Lautan Anarki

Selain sebagai informasi cuaca kepada nelayan sebelum melaut, layar monitor tersebut juga dijadikan sebagai masukan kepada petugas pelayanan terpadu dalam menerbitkan izin berlayar.

"Informasi cuaca ini hasil kesepakatan Deputi BMKG dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan," ujarnya menambahkan.

Selanjutnya, layar monitor cuaca ini akan dipasang di 15 daerah atau pelabuhan perikanan, seperti di Belawan, Padang, Jakarta Utara, Bitung, Manado, Kendari, Cirebon, Sambas, Ambon, Jemabaran, Perwang, Lampung, Banjarmasin, Donggala dan Palu.

Laporan: Martinus Sitorus/tvOne Belawan Sumut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya