TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

BMKG Pasang Layar Monitor Cuaca bagi Nelayan

Layar cuaca untuk mencegah kecelakaan di tengah laut
BMKG Pasang Layar Monitor Cuaca bagi Nelayan
Petugas BMG menunjukkan pola curah hujan dan prakiraan cuaca (Antara/ Adnan)

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Belawan memasang display indoor atau layar monitor prakiraan cuaca di kantor Pelayanan Terpadu di Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudra, Belawan, Sumatera Utara, Jumat, 14 Oktober 2016.

Pemasangan layar prakiraan cuaca ini sebagai upaya mengantisipasi kecelakaan di tengah laut bagi para nelayan yang hendak melaut.

Layar monitor berukuran 55 inci itu menampilkan informasi terkini terkait cuaca di laut. Para nelayan dapat memantau perkembangan cuaca dalam seminggu terakhir, termasuk potensi hujan yang akan terjadi. Informasi tersebut juga dilengkapi penjelasan tertulis dan akan terus ter-update selama 24 jam.

Kepala Stasiun BMKG Belawan, Abdul Azis mengatakan, pemasangan layar monitor prakiraan cuaca ini sejalan dengan program pemerintah terkait kemaritiman. BMKG memberikan informasi cuaca kepada nelayan untuk memantau tinggi gelombang, kecepatan angin, hujan dan lain sebagainya.

"Semuanya berkaitan dengan keselamatan para nelayan," kata Azis di Belawan, Sumut.

Selain sebagai informasi cuaca kepada nelayan sebelum melaut, layar monitor tersebut juga dijadikan sebagai masukan kepada petugas pelayanan terpadu dalam menerbitkan izin berlayar.

"Informasi cuaca ini hasil kesepakatan Deputi BMKG dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan," ujarnya menambahkan.

Selanjutnya, layar monitor cuaca ini akan dipasang di 15 daerah atau pelabuhan perikanan, seperti di Belawan, Padang, Jakarta Utara, Bitung, Manado, Kendari, Cirebon, Sambas, Ambon, Jemabaran, Perwang, Lampung, Banjarmasin, Donggala dan Palu.

Laporan: Martinus Sitorus/tvOne Belawan Sumut

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP