Korupsi Tak Masuk Target Satgas Saber Pungli

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh. Nadlir

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto mengatakan, satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) tidak akan fokus pada pemberantasan korupsi.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

"Korupsi kan lain. Ini kan pungli, satu pihak yang langsung dengan kepentingan masyarakat. Kalau korupsi, kan sudah ada KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)," ujar Wiranto di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat, Kamis 13 Oktober 2016.

Menurutnya, suap yang ditangani KPK, terkait dengan kerugian negara. Sementara itu, suap yang ditangani Satgas Saber Pungli terkait dengan rakyat. 

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

"Kalau suap itu kan dua pihak, yang menyuap dan yang disuap. Itu ada kaitannya dengan masalah korupsi, merugikan negara. Ini (pungli) yang dirugikan rakyat. Yang seharusnya mereka makan, tetapi harus disetor pada pemungut ini," ujarnya. 

Diketahui, lima fokus satgas Saber pungli yakni pemberantasan pungli suap, penyelundupan, over capacity lapas dan pelayanan hukum, serta pelayanan SIM, STNK, dan BPKB.

Heboh Kasus Korupsi Rp3.000 T dari Rafael Alun yang Mengalir ke 25 Artis, Begini Faktanya

Nantinya, Satgas Saber Pungli akan menyasar semua kementerian/lembaga yang rawan akan tindak pungli suap dan bersinergi dengan pengawas internal di masing-masing kementerian/lembaga. (asp)

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, mengatakan bakal memonitor program makan siang gratis yang jadi agenda prioritas pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024