Jokowi Akui Arcandra Masuk Lagi di Daftar Calon Menteri ESDM

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Presiden RI, Joko Widodo akhirnya angkat bicara soal posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang definitif, setelah Arcandra Tahar diberhentikan.

Begini Kata Arcandra Tahar Soal Harga Minyak Dunia 2022

Usai menyampaikan keterangan pers di Istana Merdeka, Presiden mengatakan, memang sudah ada beberapa nama yang ia pegang untuk mengisi menteri ESDM tersebut.

"Sudah ada beberapa nama, termasuk Pak Arcandra, tetapi belum kita putuskan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 13 Oktober 2016.

Arcandra Tahar Proyeksi Harga Batu Bara 2022 di Atas US$70 per Ton

Kapan akan ditetapkan, Jokowi mengaku akan dilakukan secepatnya. Hanya pastinya, ia enggan memberi tahukan.

Namun, katanya, yang pasti jabatan ini tidak akan diberikan kepada kader partai politik. "Dipastikan profesional, bukan dari partai," ujarnya.

Manfaat Skema Gross Split Usai Alih Kelola Blok Rokan ke Pertamina

Arcandra diberhentikan pada 15 Agustus 2016, setelah diketahui memiliki kewarganegaraan ganda, yakni Indonesia dan Amerika Serikat. Sementara itu, Indonesia menganut paham kewarganegaraan tunggal.

Syarat utama menjadi pejabat, adalah warga negara Indonesia. Saat ini, jabatan menteri ESDM diberikan ke Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelaksana tugas. (asp)

Mantan Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

Arcandra Tahar: Ada Potensi Krisis Energi dari Konflik Rusia-Ukraina

Arcandra Tahar mengungkapkan bahwa 25 persen pipa gas ke eropa dari Rusia melewati Ukraina sehingga berpotensi krisis energi di eropa.

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2022