Pungli di Kepolisian Juga Harus Diberantas

Petugas memasang garis polisi saat OTT di Kemenhub
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Operasi pemberantasan pungutan liar (OPP) tengah digalakkan pemerintah saat ini. Terbaru, Kepolisian melakukan operasi tangkap tangan terhadap aksi pungli di Kementerian Perhubungan di Jakarta.

Permintaan Maaf Pimpinan KPK Karena di Rutan Mereka Ada Praktik Pungli

Tetapi, aksi penangkapan yang juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo itu dinilai hanya sebagai gertak sambal semata. Hal itu diyakini oleh anggota Komisi III DPR Muhammad Syafi'i.

"Karena, kebijakan dari pemerintah ini saya kira tidak ada yang menyeluruh. Sesaat saja, dan tidak ada penyelesaiannya," kata Syafi'i, saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 13 Oktober 2016.

KPK Periksa 2 Pegawainya Terkait Pungli di Rutan

Syafi'i, kemudian meminta, pemberantasan pungli juga dilakukan di berbagai institusi, termasuk di Kepolisian. Walaupun diketahui, Kepolisian adalah institusi yang menjalankan OPP.

"Ya, kan polisi sudah mau dia. Dia malah terbuka. Bagus, saya kiranya sikapnya. Ya, tapi saya kira harus seluruhnya ya," ujar Syafi'i.

Lebih dari 10 Orang Ditetapkan sebagai Tersangka Pungli Rutan KPK
Para Tersangka Kasus Pungli Rutan KPK, Termasuk Karutan Achmad Fauzie

Jadi Tersangka, Eks Kepala Rutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan

Praktik dugaan pungutan liar atau pungli, di dalam rumah tahanan atau rutan KPK, menyeret eks Kepala Rutan Achmad Fauzi hingga jadi tersangka. Ia mengajukan praperadilan.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024