TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Lewat Survei, Imigrasi Bertekad Benahi Layanan

Inovasi yang dibuat harus sesuai kebutuhan masyarakat.
Lewat Survei, Imigrasi Bertekad Benahi Layanan
Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie (VIVA/Raudhatul Zannah)

VIVA.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Provinsi DKI Jakarta, menyelenggarakan sosialisasi Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan publik. Acara ini diselenggarakan di Hotel Dafam Teraskita Jl. MT Haryono, Jakarta Timur, Kamis, 13 Oktober 2016. 

Hadir sebagai pembicara yakni Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam, Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie, dan Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa. 

Sosialisasi ini diselenggarakan Kanwil Kemenkumham Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya untuk meningkatkan layanan publik yang dilakukan unit pelayanan teknis. Hal itu sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Pada acara sosialisasi tersebut, Dirjen Imigrasi memberikan apresiasi terhadap para Kepala Kantor Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, atas upaya melakukan inovasi untuk memenuhi tuntutan masyarakat. 

"Kami juga berjanji terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan mulai dari infrastruktur, sistem dan petugas imigrasi," kata Ronny.  

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah early morning passport service di Kanim Jakarta Selatan, serta sunset passport service dan layanan imigrasi mandiri yang dilakukan Kanim Jakarta Barat.

Dalam sambutannya, Ronny juga menyampaikan bahwa inovasi yang dilakukan harus sesuai kebutuhan masyarakat. Untuk melihat kesesuaian ini, menurut Ronny, bisa dilakukan lewat survei kepuasan masyarakat yang juga merupakan kewajiban Kanim sebagai unit penyelenggara berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 16 Tahun 2014. 

Tahun 2016 ini, terdapat tiga dari enam kanim yang sudah melakukan SKM. Di antaranya Kanim Jaksel, Kanim Jakpus dan Kanim Soekarno Hatta dengan mendapatkan nilai mutu layanan A atau sangat baik. 

Sementara untuk standar pelayanan, tahun 2016 ini terdapat tiga kanim yang mendapatkan penghargaan kepatuhan standar pelayanan dari Ombudsman RI, di antaranya Kanim Jaksel, Kanim Jakbar dan Kanim Jakpus.

Sebagai pengingat, khusus untuk Kanim Jakarta Selatan, pada tahun 2012 juga mendapatkan penghargaan sebagai 10 Layanan Publik paling Progresif dari Wakil Presiden Budiono.

Di akhir sambutannya, Ronny kembali mengingatkan peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilakukan kanim tidak boleh berhenti di sini saja dan tidak hanya ketiga kanim ini saja yang melakukan SKM, tetapi juga seluruh kanim di Indonesia agar salah satu visi imigrasi yaitu Masyarakat memperoleh ke-PASTI-an pelayanan dapat tercapai. 

"Pelayanan yang Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif," kata Ronny.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP