TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Menko Polhukam Gelar Rapat Satgas Pungli

Ujung tombak satgas adalah Polri dan dibantu kementeri terkait.
Menko Polhukam Gelar Rapat Satgas Pungli
Menko Polhukam Wiranto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Mabes Polri. (VIVA.co.id/Syaefullah)

VIVA.co.id – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk memimpin Tim Operasi Pemberantasan Pungutan Liar (OPP). Ujung tombak satgas ini akan dibebankan ke Polri dan dibantu kementerian atau lembaga terkait.

Satgas yang diberi nama Saber (sapu bersih) pungli itu sudah beroperasi sejak OPP yang digelar di Kementerian Perhubungan, Selasa, 11 Oktober 2016. Rencananya, Kamis, 13 Oktober 2016, Wiranto akan memimpin rapat bersama tim satuan petugas (satgas) pungli.

Hingga pukul 11.00 Wib, belum ada tanda-tanda rapat digelar. Situasi kantor Kemenko Polhukam di Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat juga terpantau masih sepi. Sebelumnya Wiranto sempat menyampaikan, tahap I reformasi hukum untuk memberantas pungli, akan menyasar pada percepatan pelayanan SIM/STNK/BPKB/SKCK.

Termasuk juga pemberantasan pungutan liar atau suap yang berkaitan dengan penyederhanaan penanganan tilang, dan operasi penyelundupan.

Presiden Jokowi sendiri menginstruksikan Wiranto agar satgas dapat bekerja dan menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat yang selama ini dirugikan karena pungli. Pemerintah juga membuka sistem laporan online untuk memudahkan masyarakat.

Klik video Amarah Jokowi Pergoki Pungli Kemenhub

Dengan sistem laporan online, Jokowi yakin, model pelaporan itu akan bisa menjangkau masyarakat di pusat bahkan daerah guna melaporkan pungli secara cepat sehingga bisa langsung ditindaklanjuti.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP