Istana Pastikan Menteri ESDM Definitif Segera Dilantik

Sudirman Said, Arcandra Tahar (tengah) dan Luhut Pandjaitan pada perayaan Hari Pertambangan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Juru Bicara Presiden, Johan Budi menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan pelantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) definitif. Saat ini, tugas kementerian itu dipercayakan kepada Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan selaku pelaksana tugas, setelah Arcandra Tahar diberhentikan karena masalah kewarganegaraan.

ESDM Luncurkan Aplikasi Si Ujang Gatrik, Ini Fungsinya
Menurut Johan, Presiden Jokowi memang sudah mengatakan akan segera melakukan pelantikan. Rencana pelantikan sudah bisa dipastikan kalau nama pengganti Arcandra sudah ada pada Jokowi.
 
ESDM Tetapkan Harga Minyak Mentah Indonesia US$95,72 per Barel
"Itu bahasanya segera waktu itu. Nah minggu lalu, memang sudah ada nama-nama pengganti atau nama-nama yang akan ditunjuk sebagai Menteri ESDM definitif," jelas Johan, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2016.
 
Konflik Rusia-Ukraina Dongkrak Harga Batu Bara Acuan ke US$203,69/Ton
Kapan waktunya, Johan mengaku tidak tahu pasti. Menurutnya, Presiden yang akan menentukan sendiri kapan jabatan menteri ESDM definitif akan dilantik.
 
"Kalau dari bahasa Presiden akan secepatnya. Cepat itu kan relatif, bisa cepat besok, seminggu," lanjut mantan Jubir KPK itu.
 
Arcandra Tahar, dicopot sebagai Menteri ESDM pada 15 Agustus 2016, hanya beberapa hari setelah dilantik menggantikan Sudirman Said pada 27 Juli 2016. Arcandra dicopot, karena memiliki kewarganegaraan ganda, yakni Indonesia dan Amerika Serikat. Sementara syarat menjadi pejabat negara di Indonesia, yang utama dan pertama adalah harus lah warga negara Indonesia. 
 
Indonesia juga tidak mengenal sistem kewarganegaraan ganda. Sehingga, Arcandra dianggap tidak memenuhi syarat menjadi menteri atau setingkatnya. 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya