Upacara HUT 64 Republik Indonesia

Alasan 3 Mantan Presiden Tak Hadir di Istana

VIVAnews - Sejumlah mantan Presiden Republik Indonesia tidak hadir pada upacara memperingati hari kemerdekaan RI ke 64, Senin 17 Agustus 2009 kemarin. Ketiganya memiliki alasan mengapa tidak hadir di Istana Negara.

Mensesneg Hatta Rajasa mengatakan, semua mantan presiden sudah dikirimkan undangan sesuai standar waktu yang berlaku. Pihaknya juga sudah memastikan undangan itu sampai ke tempat atau orang yang dituju.

"Sampai kemarin saya belum menerima (konfirmasi), Habibie ada di Jerman, Gus Dur sedang sakit, Ibu Mega pada waktu itu Pak Taufiq Kiemas, insya Allah. Tapi Ibu Mega belum pasti. Tapi Pak TK mengatakan akan mengusahakan," kata Hatta.

Tidak hanya mantan presiden yang belum mangkat saja yang diundang, bahkan keluarga mantan presiden Soeharto pun tak tampak di istana, padahal undangan sudah dilayangkan.
Pantauan VIVAnews, tampak hadir mantan Wapres Hamzah Haz dan Tri Sutrisno.

Bahkan ketidak hadirin Megawati Soekarnoputri terus menjadi tanda tanya, sebab ketidak hadiran Mega ini untuk yang kesekian kalinya. Bahkan tidak ada keterangan mengenai ketidakhadirannya.

Sang adik, Guruh Soekarnoputra yang hadir di Istana Negara mengatakan, Megawati kemungkinan besar memimpin upacara di kantor DPP PDIP. Sebab bisanya ada acara Agustusan menjadi inspektur upacara di DPP PDIP.

Namun, Guruh tak dapat memastikannya. Ia juga tak dapat menjelaskan mengapa sang kakak tak pernah menghadiri upacara bendera di Istana Negara pascalengser dari jabatan presiden. "Wah dia (Megawati) nggak pernah cerita ke saya," ujarnya.

Dua mantan presiden RI juga tak menghadiri upacara bendera di Istana Negara. Mantan Presiden BJ Habibie telah meminta izin lantaran masih berada di Jerman. Sedangkan, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sedang sakit.

Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa sebelumnya mengatakan, protokol istana telah mengirim undangan upacara kepada seluruh mantan presiden. Seluruh undangan juga sudah dipastikan sampai di tujuan.

Hanya saja hingga menjelang upacara berlangsung, tak ada konfirmasi kedatangan maupun keterangan dari Megawati.

Khazanah: Karya Monumental Muhammad bin Musa al-Khwarizmi di Dunia Matematika
Atlet renang Indonesia, Nabilah Umarella

Atlet Cantik Indonesia Juara Renang Artistik di Kanada

Atlet cantik renang Artistik Indonesia, Nabilah Umarella berhasil menciptakan sejarah saat berhasil keluar sebagai juara bersama timnya dalam Kejuaraan di Kanada.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024