KPK Wanti-wanti Kepala Daerah Transparan Susun RPJMD

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, di Pendapa Gubernur Banten, Serang, pada Selasa, 11 Oktober 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mewanti-wanti seluruh kepala daerah di Indonesia, terutama Banten, terbuka atau transparan dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Keterbukaan itu penting untuk menghindari praktik korupsi.

Viral Sopir Truk Gantung Diri di Tol Cikande, Diduga Akibat Kalah Judi Online

"Pemerintah dan kepala daerah juga harus benar-benar terbuka dalam anggaran. Itu yang harus dilakukan, pencegahan (korupsi) terintegrasi," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, di Pendapa Gubernur Banten, Serang, pada Selasa, 11 Oktober 2016.

KPK, katanya, telah meminta aparat Kepolisian untuk bekerja sama guna turut mencegah praktik korupsi yang terintegrasi di setiap daerah. Para pimpinan maupun pejabat daerah harus berkomitmen mengelola anggaran dengan benar.

Warga Serang Geger! Gundukan Tanah Dikira Kuburan Kucing Pas Dibongkar Isinya Mayat Bayi

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berharap, penyusunan RPJMD di setiap daerah selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pemerintah pusat, karena telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.

"Sebelum menyusun perencanaan, daerah harus satu bagian dari perencanaan nasional maupun perencanaan daerah sekitarnya sehingga dapat sinkron dan berhasil dengan baik. Pemda (pemerintah daerah) merupakan wujud implementasi pemerintah nasional," kata Bob R F Sagala, Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah Jawa-Bali di Kemendagri, di tempat yang sama.

Bagi-bagi Beras dan Sepeda di Serang Banten, Jokowi Singgung Bantuan dari Pemerintah

(mus)

Evakuasi Mayat Bayi di Aliran Sungai. (Dok: Polres Serang)

Serang Geger! Mayat Bayi Perempuan Ditemukan dengan Kondisi Mengenaskan, Kepala Sudah Tak Utuh

Mayat bayi saat ditemukan dalam kondisi tersangkut di aliran sungai yang tertutup sampah rumah tangga dan kayu. Ada bekas gigitan hewan di bagian leher dan tangan bayi.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024