Tewas Tertimpa Pohon, Warga Semarang Disantuni Rp10 Juta

Petugas mengamankan lokasi pohon tumbang, yang menewaskan seorang warga di Kota Semarang.
Sumber :
  • VIVA co.id/ Dwi Royanto

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, memberikan uang santunan berupa asuransi sebesar Rp10 juta, kepada warganya yang meninggal dunia akibat tertimpa pohon tumbang.

Kenali Asuransi Kecelakaan Kerja dan Cara Mengklaimnya

Asuransi diberikan kepada Ali Rosidi (58 tahun), pengendara motor yang tewas tertimpa pohon di Jalan dr. Soetomo Senin lalu, 10 Oktober 2016.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan pemberian asuransi kepada korban diatur dalam Peraturan Daerah Pengelolaan Pohon. Perda tersebut juga mengarah pada asuransi untuk mengganti kerugian akibat pohon tumbang di wilayah Semarang.

Sun Life Gandeng CIMB Niaga Sediakan Asuransi Perencanaan Warisan Bagi Nasabah

"Asuransi pohon disiapkan agar segala kerugian yang diakibatkan oleh pohon tumbang akan dilakukan ganti rugi yang layak," kata Hendrar di Semarang, Selasa, 11 Oktober 2016.

Melalui Perda itu pula, identifikasi terhadap pohon rawan tumbang juga diatur. Pemerintah Kota Semarang juga secara rutin menebang dahan pohon yang dinilai rawan tumbang atau posisinya membahayakan warga.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

"Selama ini pemeliharaan pohon yang dilakukan baru sebatas screening secara visual. Melalui Perda tersebut identifikasi pohon akan memakai sistem informasi dan pengkodean," kata Hendrar.

Hendrar juga mengingatkan masyarakat, bahwa musibah ini menjadi peringatan agar mereka senantiasa waspada. Apalagi intensitas hujan lebat masih diperkirakan terjadi di kawasan 'Kota Lumpia'.

"Saya mengimbau supaya warga bisa berteduh dulu bila ada hujan disertai angin kencang. Namun tentu saja jangan berteduh di bawah pohon," ujar pria yang akrab disapa Hendi itu.

Pada Senin lalu, akibat hujan deras yang mengguyur Semarang, seorang pengendara motor bernama Ali Rosidi meninggal dunia lantaran tertimpa pohon asam besar yang tumbang di dekat lampu lalu lintas Jl dr. Soetomo.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Selain menelan korban, peristiwa itu juga menyebabkan kemacetan parah di jalan tersebut. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya