TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Tujuh Desa di Sampang Terendam Air Setinggi 1,7 Meter

Ketinggian muka air diperkirakan akan terus mengalami kenaikan.
Tujuh Desa di Sampang Terendam Air Setinggi 1,7 Meter
Ilustrasi/Banjir di Jalan Imam Bonjol, Sampang, Jatim, Sabtu (27/8/2016) (ANTARA/Saiful Bahri)

VIVA.co.id – Sebanyak tujuh desa di Kabupaten Sampang Jawa Timur terimbas luapan air Sungai Kemuning, Senin, 10 Oktober 2016.

Banjir ini tercatat merendam sejumlah kawasan dengan ketinggian antara 130 sentimeter hingga tertinggi 170 sentimeter.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mengatakan jika kenaikan muka air Sungai Kemuning itu berkemungkinan bertambah. Sebab, kondisi air laut saat ini sedang mengalami pasang.

"Air laut sedang pasang, makanya kemungkinan masih akan mengalami kenaikan banjirnya," kata Saifullah saat dihubungi.

Data sementara untuk tujuh desa yang terendam di Kabupaten Sampang yakni Desa Pasean, Kemuning, Panggung, Tanggumung, Gunung, sebagian Kota Sampang, dan Kelurahan Dalpenang.

Saifullah meminta masyarakat tetap waspada. Caranya, dengan memindahkan sejumlah barang penting, dan berpindah ke tempat yang lebih kering.

"Tapi tetap tenang. Yang penting, keselamatan keluarga dan diri masih menjadi hal utama yang harus dipikirkan," ujar Saifullah.

Katulampa Siaga

Sementara itu di Kota Bogor Jawa Barat, tercatat akibat ada hujan deras di kawasan itu sempat membuat tinggi muka air di Bendungan Katulampa mengalami kenaikan hingga 130 sentimeter.

"Awal mulanya, ketinggian Katulampa mencapai 70 sentimeter, naik 80 sentimeter tidak lama kemudian naik lagi mencapai 100 sentimeter dan bertahan sampai 130 sentimeter hingga sore tadi," kata penjaga Bendungan Katulampa Andi Sudirman.

Karena itu, ia mengimbau agar warga yang berada di bantaran kali Sungai Cilwung untuk measpadai kondisi ini. "Namun, saat ini ketinggian bendungan Katulampa sudah mulai menurun, karena curah hujan sudah mulai reda," katanya. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP