TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Jokowi Tanya Nama 100 Kabupaten, Ini Jawaban Kocak Warga

Yang berhasil menjawab pertanyaan Jokowi dapat hadiah sepeda.
Jokowi Tanya Nama 100 Kabupaten, Ini Jawaban Kocak Warga
Saat bertemu langsung dengan masyarakat, Presiden Joko Widodo terkadang menyiapkan kuis berhadiah.  ( ANTARA FOTO/Nizar Arsyadani)

VIVA.co.id – Setiap berkunjung ke daerah-daerah, Presiden Joko Widodo selalu memberi hadiah kepada para warga setempat. Namun untuk mendapatkannya, mereka harus mengikuti kuis yang spontan disiapkan Jokowi.

Hal itu juga terjadi ketika Presiden mengunjungi Kampung Keluarga Berencana (KB) di Dusun Jasem, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kali ini, Suratman, warga Dusun Jasem, yang dipilih oleh mantan Wali Kota Surakarta itu untuk menjawab pertanyaannya. Bila bisa menjawab, dapat hadiah satu unit sepeda.

Namun, kali ini pertanyaannya bukan masalah KB karena Jokowi menganggap pasti semua sudah tahu. Maka Jokowi meminta Suratman untuk menyebutkan seratus nama kabupaten-kota di Indonesia. Pertanyaan maha sulit itu langsung mengundang tawa para hadirin.

"Sebutkan 100 nama kabupaten kota yang ada di Indonesia," kata Jokowi. Namun, Suratman langsung melontarkan jawaban yang spontan membuat Presiden Jokowi terpingkal-pingkal.

"Saya sudah tua pak. Tidak hafal lagi," kata Suratman.

Tak bisa menjawab 100 nama kabupaten kota di Indonesia, Jokowi kemudian menurunkan jumlah kabupaten kota di Indonesia sebanyak 50 nama kabupaten kota.

"Ndak mampu jawab pak," kata Suratman lagi.

Tak ingin membuat kecewa akhirnya Jokowi hanya meminya menyebutkan 10 nama kabupaten kota.

"Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Sleman, Kulonprogo," kata Suratman

"Kok semua Yogyakarta. Coba pulau lain, luar Jawa," potong Jokowi.

"Kebetulan saya pernah tinggal di Nusa Tenggara Barat. Ada Sumbawa Besar, Dompu, Bima," jawab Suratman kembali.

"Ya saya tahu itu Kabupaten Sumbawa Besar. Sekarang satu lagi kabupaten kota yang ada di Pulau Sumatera," ujr Jokowi.

"Palembang," jawab Suratman.

"Harusnya 100 nama kabupaten-kota bisa jawab. Sepedanya silakan diambil Pak," kata Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan para tamu.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP