TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

BMKG: Yogya Bakal Hujan Deras, Waspada Lahar Dingin

Curah hujan bisa mencapai 30 milimeter sampai 50 milimeter per hari.
BMKG: Yogya Bakal Hujan Deras, Waspada Lahar Dingin
Banjir lahar dingin di Yogyakarta (ANTARA/ Wahyu Putro A)

VIVA.co.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakiraan, wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta akan diguyur hujan deras pada Senin hingga beberapa hari mendatang. Potensi banjir lahar dingin dan tanah longsor mengancam warga.

Menurut Koordinator Operasional Pos Klimatologi BMKG Yogyakarta, Joko Budiono, potensi hujan deras cukup tinggi karena pasokan uap air yang besar dari pesisir selatan Jawa dan Sumatera. Ditambah penghangatan suhu permukaan laut di area itu.

"Adanya belokan dan pertemuan angin di selatan Jawa. Dampaknya ikut memperkuat proses pertumbuhan awan," ujarnya, Senin, 10 Oktober 2016.

Potensi muncul awan hujan itu juga karena aliran massa udara dingin yang masuk ke wilayah Indonesia (Surge). Berdasarkan pemantauan alat penakar hujan, tercatat curah hujan bisa mencapai 30 milimeter sampai 50 milimeter per hari.

"Ini sudah masuk awal musim hujan. Pada periode ini potensi hujan lebat masih muncul," ujarnya menambahkan.

Kondisi itu berdampak pada munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Yogyakarta pada periode beberapa hari mendatang. Masyarakat disarankan waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

"Bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir, diimbau mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 meter sampai 4,0 meter di perairan selatan Jawa," katanya mengingatkan.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP