TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Pimpinan MPR Jenguk Irman Gusman di Rutan Guntur

Sebelumnya, Irman dijenguk Wapres Jusuf Kalla.
Pimpinan MPR Jenguk Irman Gusman di Rutan Guntur
Ketua DPD RI Irman Gusman ditangkap KPK (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

VIVA.co.id – Kolega mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, Irman Gusman terus berdatangan ke Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berada di Pomdam Guntur Jaya, Manggarai, Jakarta Selatan.  

Hari ini, Senin, 10 Oktober 2016, rombongan dari Majelis Perwalikan Rakyat (MPR) datang untuk menjenguk tersangka dugaan suap rekomendasi distribusi gula impor di Sumatera Barat itu di Rutan Guntur.

Terlihat Ketua MPR, Zulkifli Hasan yang mengurus surat administrasi besuknya di kantor KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Ini surat jenguk Pak Irman," ujar Zulkifli saat dikonfirmasi kedatangannya oleh awak media.

Namun, ditanyai lebih jauh soal proses politik penggantian Irman Gusman selaku Ketua DPD RI, politikus dari PAN ini enggan berspekulasi lebih. Menurutnya, itu merupakan kewenangan pimpinan dan anggota DPD RI.

Zulkifli tidak sendiri membesuk Irman Gusman, tiga Wakil Ketua MPR, Evert Ernest Mangindaan, Hidayat Nurwahid dan Oesman Sapta juga terlihat membesuk Irman.

Sebelumnya, pada 27 September 2016, Wakil Presiden Jusuf Kalla menjenguk Irman ke Rutan Guntur. Kemudian, pada Kamis, 6 Oktober 2016, giliran Pimpinan Badan Kehormatan dan Pimpinan DPD RI yang menjenguk Irman.

Diketahui, Irman kini tengah ditahan KPK menyusul status tersangka dugaan suap rekomendasi kuota distribusi gula impor di Sumbar. Namun Irman mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait penetapan KPK tersebut.

Sayangnya, dalam sidang paripurna luar biasa ke-3 Masa Sidang I tahun 2016-2017, DPD RI menetapkan keputusan Badan Kehormatan tentang Pemberhentian Irman sebagai Ketua DPD. Selanjutnya, Panitia Musyawarah DPD segera menggelar rapat menentukan mekanisme penggantian Ketua DPD RI. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP