Pemandu Senior Gua Pindul Hilang Usai Antar Turis

Gua Pindul.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Wisatawan yang tengah asyik menikmati objek wisata alam di Gunungkidul, Yogyakarta, dibuat heboh dengan hilangnya seorang pria bernama Giyo (50).

Pemandu Wisata Viral Sebut Nama Asli Kota Ini, Netizen Beri Pujian

Giyo bukan salah satu dari rombongan wisatawan, melainkan pemandu wisata Gua Pindul. Ia dinyatakan hilang pada hari Minggu 9 Oktober 2016. Giyo diduga ingin menyelam di sumber air Banyumoto, yang berada di pintu keluar gua.

Dari informasi yang berhasil dihimpun VIVA.co.id, Giyo merupakan pemandu senior dan sangat hafal medan di Gua Pindul. Sebelum hilang, Giyo mengantarkan tamu 15 orang asal Bandung, Jawa Barat. Namun, setelah para wisatawan keluar, Giyo tidak ikut bersama mereka.

Cara Unik Ritno Kurniawan ‘Melawan’ Pembalakan Liar di Sumatera Barat

"Saya tanyakan ke pemandu lain, di mana Giyo? Dijawab masih di Banyumoto," kata koordinator kawasan wisata tersebut, Bagyo.

Bagyo lantas melakukan pencarian di pintu keluar Gua Pindul. Namun, hanya ditemukan jaket pelampung dan alat penerangan, yang diletakkan di pinggir sungai.

Pembalak Liar Vietnam Bertobat Jadi Pemandu Wisata Rimba

"Seharusnya Giyo keluar 12.30 WIB, bersama pemandu lainnya. Namun setelah ditunggu beberapa waktu, tidak muncul," ungkapnya. 

Bagyo mengaku heran, karena Giyo merupakan pemandu yang cukup senior dan jago berenang. Bahkan, beberapa tahun lalu Giyo ikut membantu evakuasi dua orang anak yang tenggelam di lokasi tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian, tim SAR dan BPBD Gunungkidul untuk pencarian," katanya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya