TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Bus Nyaman Antar Jemaah dari Hotel ke Bandara

Dari pantauan, 10 bus mengangkut jemaah Kloter JKS 56.
Bus Nyaman Antar Jemaah dari Hotel ke Bandara
Bus jemaah haji Indonesia. (VIVA.co.id/Arinto)

VIVA.co.id – Keberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dari hotel tempat menginap ke Bandara Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah, mendapat bus nyaman dari Naqobah. Selanjutnya, dari Bandara Madinah, jemaah haji akan dipulangkan ke Tanah Air.

Pantauan tim Media Center Haji pada Sabtu malam 8 Oktober 2016, sebanyak 10 bus membawa jemaah haji Kloter 56 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 56) ke Bandara Madinah. Rombongan kloter jemaah haji itu direncanakan terbang menuju Tanah Air pada Minggu, 9 Oktober 2016, pukul 04.00 waktu Arab Saudi atau 08.00 WIB dengan pesawat Saudia Airlines.

"Kami tadi sudah diminta siap-siap dan turun ke lobi hotel selepas Salat Maghrib," kata Edy, seorang jemaah haji yang tergabung dalam Kloter JKS 56 itu di depan lobi hotel tempat menginap di Madinah.

Menurut Edy, sesuai pemberitahuan sebelumnya, bus semestinya berangkat pukul 20.50 waktu Arab Saudi. Namun, terjadi keterlambatan, sehingga bus baru tiba pukul 21.26 waktu Arab Saudi.

Saat tiba di depan hotel, tidak langsung 10 bus yang datang. Tetapi, baru enam yang terparkir. Ketua kloter melalui pengeras suara lalu meminta ketua rombongan untuk mengordinasikan anggotanya segera naik bus yang sudah disediakan.

Bergegas, jemaah haji pun memasuki bus sesuai nomor rombongannya. Tampak wajah keceriaan dari sebagian jemaah haji, karena sebentar lagi akan bertemu dengan sanak saudara di Tanah Air.

"Kalau dibilang betah, ya sebenarnya betah di sini (Madinah), tapi saat ini harapan mereka (jemaah haji), ya segera pulang," ujar Edy, saat bus belum tiba.

Dalam rombongan kloternya, Edy menambahkan, tidak banyak jemaah yang masuk kategori risiko tinggi. Jumlah jemaah usia lanjut juga tidak sampai 50 persen.

Selama di Madinah, Edy melanjutkan, jemaah haji sudah menyelesaikan ibadah arbain. Ziarah dan wisata sejarah ke sejumlah masjid juga sudah dijalani.

Proses pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dari Madinah ke Tanah Air itu sudah berlangsung sejak 1 Oktober 2016. Kepulangan terakhir jemaah haji pada 15 Oktober 2016.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP