Pemerintah Siap Pulangkan Pengikut Dimas Kanjeng

Ilustrasi/Kunjungan Komisi III DPR RI di Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi
Sumber :

VIVA.co.id – Kementerian Sosial siap memfasilitasi pemulangan para pengikut Taat Pribadi, pimpinan padepokan Dimas Kanjeng, yang masih bertahan di padepokan. Hal ini dengan menyiagakan bus Damri dan Kapal Pelni sebagai sarana transportasi gratis.

Pasangan Suami Istri di Garut Tipu Warga dengan Modus Penggandaan Uang

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan tim dari Kemensos terus mendata jumlah pengikut yang bertahan dalam berbagai tenda di padepokan. Koordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Probolinggo juga terus dilakukan.

"Prinsipnya begini, kalau mereka pulang tidak punya uang dan itu di Jawa, maka mereka akan dipulangkan oleh Kemensos dengan menggunakan Damri. Kalau di luar Jawa bisa dipulangkan Kementerian Sosial dengan menggunakan Pelni," jelas Khofifah di Semarang, Sabtu, 8 Oktober 2016.

Kepala Labfor: Korban Dukun Mbah Slamet Telan Sianida, Meninggal dalam Waktu 5 Menit

Ketua Muslimat Nahdhatul Ulama itu menjelaskan, operasional prosedur terkait pemulangan ini akan dilakukan seperti memulangkan TKI bermasalah di Malaysia.

Peristiwa ini akan dikategorikan sebagai bencana sosial, sehingga pemulangan bisa dilakukan secepat mungkin menggunakan dana darurat.

Terkuak, Pasutri Asal Lampung Ternyata Jadi Korban Dukun Mbah Slamet

"Maka ada di Eselon II Kemensos yang mengkomandani bencana sosial. Sehingga memungkinkan bagi mereka yang ingin pulang dan tidak ada uang maka mereka bisa didata, " ujarnya.

Terkait dengan pemberian kompensasi bagi para korban, Khofifah menyebut sedang memilah mereka berdasarkan kategori tingkat ekonomi. "Kalau mereka kategori keluarga kurang mampu, maka mereka sebetulnya mendapatkan jaminan hidup Rp900 ribu untuk satu kali," ujarnya.

Pelaku dukun gadungan yang melakukan penipuan modus gandakan uang diamankan petugas kepolisian.

Dukun Gadungan di Langkat Ditangkap, Mengaku Bisa Gandakan Uang hingga Rp 1 Miliar

Unit Reserse Kriminal Polsek Hinai berhasil menangkap dukun gadungan yang mengaku bisa menggandakan uang.

img_title
VIVA.co.id
7 Oktober 2023