Ratu Hemas Siap Dipilih Jadi Ketua DPD

Gusti Kanjeng Ratu Hemas
Sumber :
  • VIVAnews/ Tri Saputro

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Ratu Hemas menyatakan kesediaannya untuk menjadi pengganti Irman Gusman sebagai Ketua DPD, menyusul diberhentikannya Irman sebagai Ketua DPD lantaran kasus hukum yang menjeratnya.

Ketua DPD LaNyalla: Kemiskinan Sulit Dientaskan Pemerintah

"Siap (jadi Ketua DPD)," kata Hemas di Gedung DPD, Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2016.

Meski menyatakan akan maju dalam bursa pemilihan Ketua DPD, dia menegaskan tidak berupaya untuk menghimpun suara agar terpilih sebagai Ketua DPD. Dia memilih menyerahkannya kepada anggota DPD. "Bukan tidak mendekati. Komunikasi pasti," kata Hemas.

Ketua DPD Partai Golkar Seluruh Indonesia Menolak Munaslub, Tetap Dukung Airlangga Hartarto

Saat ditanya soal sosok Ketua DPD yang pantas, dia enggan menjelaskannya. Hemas menyerahkan kriteria sosok ideal Ketua DPD kepada anggota DPD.

Sementara calon-calon ketua yang masuk dalam bursa pemilihan, selain Hemas, Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad dan satu orang yang berasal dari Indonesia Barat. "Semua bisa. Semua anggota (di Indonesia Barat) punya hak dipilih dan memilih. Semua punya peluang," kata Farouk.

LaNyalla: Sudah Seharusnya DPD Punya Proposal Perbaikan Konstitusi

Namun saat ditanya kesiapannya untuk maju, dia menyerahkannya kepada anggota. Kalau ada anggota yang mendukungnya, maka dia akan maju dan siap menjadi ketua DPD. "Siap saja, namanya juga kepercayaan anggota kok," kata Farouk.

Kendati demikian, dia menegaskan tidak mencari dukungan dan tidak ada keinginan menjadi Ketua DPD, sehingga secara khusus tak melakukan kampanye apalagi membentuk tim sukses bagi dirinya. "Saya serahkan kepada masing-masing anggota. Mereka rahasia juga kok, tidak mau buka diri. Kalian saja yang uber-uber. Timses saya Allah saja. Kalau garis tangan saya jadi ketua, ya ketua saja. Kalau tidak, ya ngapain? Biarin saja," kata Farouk.

Saat ditanya ketika terpilih akan memiliki visi dan program apa untuk DPD, dia mengatakan nantinya program menjadi program bersama. "Kita tidak punya semacam visi sendiri, tidak ada. Kita bukan kepala daerah, kita adalah legislatif, bersama, kolektif kolegial.”

Sebelumnya, DPD melakukan sidang paripurna luar biasa untuk penetapan keputusan Badan Kehormatan DPD RI tentang pemberhentian Irman Gusman sebagai Ketua DPD RI. Rapat Panitia Musyawarah (Panmus) memutuskan akan melakukan pemilihan Ketua DPD pada Selasa pekan depan pukul 14.00 WIB.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya