TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Pelajari Kasus Irman Gusman, DPD Bentuk Tim 10

Tim dibentuk untuk cegah kasus serupa.
Pelajari Kasus Irman Gusman, DPD Bentuk Tim 10
Ketua DPD Irman Gusman usai menjalani pemeriksaan di KPK, Sabtu (18/9/2016). (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

VIVA.co.id – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI membentuk tim 10 terkait kasus yang menyeret mantan Ketua DPD, Irman Gusman sebagai tersangka KPK. Melalui tim tersebut, DPD akan menelusuri dan mempelajari kasus dugaan suap rekomendasi kuota rekomendasi distribusi gula impor milik Badan Urusan Logistik (Bulog). Sehingga hasil investigasi itu nantinya untuk perbaikan integritas anggota DPD.

"Kerja kami untuk memperoleh pemahaman yang tepat dan komprehensif dibalik kasus penangkapan IG. Sehingga kami dapat menarik benang merah pelajaran, supaya hal semacam ini tidak terjadi lagi pada anggota DPD yang lain," kata Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad di kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 6 Oktober 2016.  

Farouk memastikan timnya dibentuk itu bukan untuk melawan KPK. Melainkan untuk mencegah terjadinya kembali kasus yang serupa.

Menurut Farouk, tim itu nantinya melahirkan sebuah rekomendasi untuk DPD. "Rekomendasi paling sifatnya internal, dalam beberapa hari kita juga belum mampu mengungkapkan fakta yang komprehensif dan detail tentang permasalahan yang melatarbelakangi ini. Sekali lagi ini untuk menelusuri permasalahan terkait Pak IG, bukan permasalahan Pak IG," papar Farouk.

Irman kini tengah ditahan KPK menyusul status tersangka dugaan suap rekomendasi kuota distribusi gula impor di Sumatera Barat. Namun, Irman mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait penetapan KPK tersebut.

Sementara dalam sidang paripurna luar biasa ke-3 Masa Sidang I tahun 2016-2017, DPD RI menetapkan keputusan Badan Kehormatan tentang Pemberhentian Irman sebagai Ketua DPD. Selanjutnya, Panitia Musyawarah DPD akan menggelar rapat menentukan mekanisme penggantian Ketua DPD RI.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP