TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Jemaah Haji RI yang Wafat Sudah 320 Orang

Data per Rabu 5 Oktober 2016 pukul 15.00 waktu Arab Saudi.
Jemaah Haji RI yang Wafat Sudah 320 Orang
Suasana di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah (VIVA.co.id/Arinto)

VIVA.co.id – Saat fase keberangkatan kloter terakhir gelombang kedua dari Mekah ke Madinah, dan proses pemulangan ke Tanah Air, jemaah haji yang wafat di Tanah Suci kini mencapai 320 orang. Jumlah ini bertambah empat orang dibanding data sebelumnya sebanyak 316 jemaah.

Berdasarkan data Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kantor Urusan Haji, per Rabu 5 Oktober 2016 pukul 15.00 waktu Arab Saudi, atau 19.00 WIB, tambahan empat jemaah itu wafat di Rumah Sakit Arab Saudi.

Penyebab wafat akibat gangguan jantung dan pernapasan. Empat jemaah yang wafat itu juga sudah berusia lanjut.

Dari total jemaah wafat tersebut, yang meninggal di Mekah kini mencapai 234 orang. Dua jemaah wafat di rumah sakit bandara. Selanjutnya, jemaah haji Indonesia yang wafat di Madinah sebanyak 49 orang.

Sementara itu, saat pelaksanaan wukuf di Arafah, jumlah jemaah haji yang wafat 10 orang, di Mina 19 orang, sedangkan Muzdalifah satu orang.

Untuk komposisi jemaah haji yang wafat, mayoritas berusia lanjut. Sebanyak 239 orang berusia di atas 60 tahun, selanjutnya 68 jemaah berusia 51-60 tahun.

Untuk jemaah haji berusia 41-50 tahun yang wafat sebanyak 12 orang, sedangkan di bawah usia 41 tahun, seorang jemaah. Tiga kloter dengan jumlah jemaah wafat paling banyak adalah embarkasi Surabaya (SUB) 64 orang, embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) 50 orang, sedangkan embarkasi Solo 46 orang. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP