Cara Pemerintah Cegah Isu SARA di Pilkada

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh Nadlir

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap Forum Kerukunan Umat Beragama di 101 daerah pelaksana Pilkada, bisa mencegah terjadinya kampanye negatif bermuatan suku, agama, ras, antar golongan selama pelaksanaan pesta demokrasi nanti.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

FKUB diharapkan ikut menjaga netralitas, dan berperan aktif menciptakan suasana rukun damai, serta menyukseskan Pilkada. 

Menurutnya, demi menjaga harmoni kebangsaan, diperlukan kerja sama dalam meningkatkan peran dan fungsi FKUB, baik di provinsi maupun kabupaten/kota.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"Kemitraan antara pemerintah daerah, FKUB dan organisasi keagamaan untuk toleransi kerukunan umat beragama perlu ditingkatkan," ujar Tjahjo dalam pertemuan FKUB provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia, di gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Oktober 2016.

Posisi FKUB yang telah terbentuk di 480 daerah, perlu dioptimalkan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadiya konflik di masyarakat.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

Untuk itu, Tjahjo memerintahkan jajaran pemerintah daerah, agar peduli mengenai keberlangsungan tugas dan fungsi FKUB. Terutama wakil gubernur selaku Ketua Dewan Penasehat FKUB di tingkat provinsi.

"Berikan perhatian dan dukungan anggaran FKUB dalam melaksanakan tugas dan fungsinya agar optimal," tegas Tjahjo.

Pj Gubernur Sultra Komjen Pol Andap Budhi Revianto

Jadi Pj Gubernur Sultra, Komjen Andap Beberkan 5 Tantangan Termasuk Netralitas ASN di 2024

Komjen Pol Andap Budhi sudah resmi jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). Komjen Andap sudah serah terima jabatan dari Gubernur Sultra Ali Mazi yang purna tugas.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2023